Skip to main content

Benyamin Sueb

Tahu Benyamin Sueb?
Mungkin semua orang pernah lihat Benyamin di tv karena dulu film Si Doel Anak Sekolahan heboh banget. Filmnya polos, apa adanya, menggambarkan cerita Jakarta (terutama betawi) yang sebenarnya dan yang penting ini laguIndonesia aseli! Benyamin berperan sebagai ayahnya Doel (Rano Karno). Namun ditengah-tengah film, Benyamin meninggal.
Tapi apa semua mendengarkan lagu-lagunya Benyamin? Saya termasuk orang yang mendengarkan lagu-lagunya Benyamin. Aneh, lucu, unik, khas dan Betawi abis deh. Itu juga karena saya disuruh oleh teman saya. Teman saya itu penggemar fanatiknya Benyamin. Orangnya rada aneh dan nyentrik. Kadang ia dugem sambil pakai kaos Benyamin, kuliah pakai tas yang disablon Benyamin, pakai pin, lagu Benyamin menghiasi iPod. Persatuan dua budaya yang berbeda dari yang kebetawi-betawian dan kebarat-baratan.
Semua lagunya Benyamin pendek-pendek. Rata-rata lagunya berkisar 1-2 menit. Lagu-lagunya menceritakan kehidupan sehari-hari, bukanya hanya cinta dan patah hati doang. Contohnya lagu yang menceritakan tentang Badminton, tentang orang yang belajar bahasa inggris dan lagunya berhenti ketika ditanya apa artinya 'I don't know' dan dijawab 'Engga tahu', tentang seorang perempuan yang protes karena suaminya selalu menghabiskan waktu buat istri mudanya, tentang Jakarta yang selalu banjir dan lainnya.
Mungkin ada beberapa lagu yang dikenal contohnya Nangke Blande. Begini lirik lagunya. Sorry ngga tau bener apa engga, soalnya nulisnya steno dari mp3:

"Jande mude romannye udah tue
laga lakunye kayak perawan aje
gandeng sane sebentar gandeng sini
tapi sayangnye ngga ade nyang jadi

nangke blande matengnya kene paku
dimakan gajah giginye pada ngilu
ade jande lame gak laku-laku
saban hari die ngaca melulu (muke lo tujuh!)

ahahah!

nah to mengkennye gua kate juge ape
jadi prempuan jangan suke menghine
kalau lelaki biar gak ade mungkenye
kantongnya tebel (disebut-sebut dapet lime)

nangke blande dienyot-enyot jande
jande engga laku ketiban nangke lande
yang mane jande yang mane ikan pede
gue perhatiin due-duenye same"


Ada satu lagu judulnya Sang Bango tapi lirik lagunya tidak mencerminkan bango sekali. Malah ia bercerita tentang kodok.
"Ade-ade.. sekarang ncing emin mau jadi kodok. Denger ye.

Sang bango eh sang bangau kenape elo-elo delak delok?
mengkennya aye aye delak delok sang kodok eh kerak kerok
sang kodong eh eh sang kodong kenape elo elo kerak kerok?
mengekennye aye aye kerak kerok orang-orang eh pade ngorok

uh.. ek.. uh.. ek.. kayak kodok buduk
bang orang eh eh bang orang kenape elo elo pade ngorok?
mengkennye aye aye pade ngorok sang kodok eh kerak kerok."


Mungkin sebaiknya kita sekali-kali mendengarkan lagu yang mencerminkan kebudayaan lagu Indonesia walaupun bukan lagu daerah. Atau sebaiknya dengarkan lagu daerah kemudian kita hak patenkan. Biar tidak diaku oleh negara tetangga. Hihi.

Coba download lagu-lagunya Benyamin Sueb. Enjoy!

Comments

ichaAwe said…
aku dulu lumayan ngefans sama benyamin...abis lucu..polos..dan lucunya gak dibuat2 ...
mynameisnia said…
Jadi inget kemarin siang (senin 19 nov) ada Euis Dahlia di Ceriwis. Terus di albumnya ada fotonya dengan Benyamin Sueb pakai baju nikah. Hihi, lucu.
mademoizell3 said…
*blogwalking*
ada lagu yg gue inget liriknya
"malam minggu aye pergi kebioskop"
pokoknya kata2 yg gue paling inget banget "tau tau nginjek gituan" XD
gue coba rampok diMp3 temen gue tapi ga ketemu-ketemu tuh lagu, maybe u know what the title for that song ^^
mynameisnia said…
Judulnya Nonton Bioskop. Liriknya sbb:

Malam Minggu/ Aye pergi ke bioskop/ Bergandengan/ Ame pacar nonton koboi/Beli karcis/Tau-tau kehabisan/Jaga gengsi/Terpaksa beli catutan/ Ade emak asyiknya/ Nonton dua-duaan/ Kayak nyonya dan tuan/ Di gedongan

Hehe
benyamin itu legend!
film2nya itu sub-text nya mencengangkan padahal kita nyangkanya film2 komedi biasa aja
Avante said…
Posting kamu kali ini aneh...
di satu sisi melindungi hak cipta

"Atau sebaiknya dengarkan lagu daerah kemudian kita hak patenkan."

di sisi lain ngebajak lagu... :D

"Coba download lagu-lagunya Benyamin Sueb"
mynameisnia said…
bwakakakaka..

sumprit gw baru nyadar.

=))

pinter!!

LOL.
macangadungan said…
gw suka bgt yg ini...

eh ujan gerimis aje/ikan lele ade kumisnye
eh jangan menangis aje/yang pergi cari gantinye
pyuriko said…
Waaahhh, fans berat bang Ben nih yaaa???

Bens radio juga masih banyak muter2 lagunya alm :D
helter skelter said…
hidup bang ben...

our legend...

udah pernah denger radio..

bens radio????

sbelum pindah channel entah kenapa???

Popular posts from this blog

Mirna.Sabrina.RealitaMedia

[Untuk mengenali tokoh, silahkan baca post sebelumnya]
Hari ini aku menghabiskan hari dengan menonton vcd di komputerku. Film yang aku tonton adalah film-film thriller psikologi. Bejo meminjamkan beberapa untuk satu minggu. Mataku terasa lelah, aku memutuskan untuk tidur. Namun sebelum aku sempat menutup mata, pintu kamarku diketuk.
Tok.. tok..
“Ya?” Aku bangun dari tempat tidur lalu melangkah gontai ke pintu lalu membukanya. Ada seulas senyum disana. Senyum sahabatku. Senyum yang hiperbola. Senyum yang menandakan butuh sesuatu. Senyumnya Sabrina.
Sabrina langsung membuka sepatunya dan menjatuhkan diri ke tempat tidurku.
“Ya ampuuunn.. siang bolong gini tidur.”
“Ralat.. hampir tidur!”
“Kok hampir sih? Tidur kok nanggung?”
“Ya kalau gue tidur, siapa yang mau buka pintu lo?”
Sabrina tertawa.
Sabrina adalah sahabat baikku. Aku, Sabrina dan Bejo selalu bersama-sama. Seperti Bejo, Sabrina dari Jakarta. Seperti Bejo, Sabrina pernah kuliah. Tapi ia mengambil jurusan yang berbeda dikampusnya sekarang.
“…

Hi, Mucocele

Jadi, belakang ini saya bolak-balik rumah sakit karena ada sebuah benjolan di bibir bawah saya. Biasalah, saya ini tipikal orang lama, yang mudah menganggap benjolan sama dengan kanker, makanya saya periksakan diri ke dokter. Sebagai wartawan yang sering wawacara masalah kesehatan, saya menyadari kalau deteksi dini lebih baik daripada terlambat karena bisa ditangani dengan cepat. Walaupun hasil diagnosisnya menggetarkan hati, setidaknya jadi tahu apa yang dilakukan.

Dulu bibir bawah saya pernah bengkak. Saya pergi ke dokter umum di RS Pondok Indah Puri Indah. Bengkak lho ya, bukan benjol. Kata dokternya ini perpaduan sariawan sama pembengkakan jerawat di daerah dagu. Kebetulan saya lagi jerawatan. Duh, malu. Sama dokternya dikasih obat minum dan obat oles yang berbentuk gel dan rasanya manis. Hanya beberapa hari saja, bengkak sudah mengempis dan yang penting udah enggak sakit lagi. Ah, ini mah manja aja pengen buang-buang jatah asuransi. Cis.

Nah, kalau yang kemarin ini adalah benjola…

Pap Smear Pertama Kali. Menakutkan 'Kah?

Jadi saya mau cerita pengalaman saya tes pap smear untuk pertama kali. Karena tulisannya akan bercerita tentang vagina, tolong disikapi secara ilmiah ya. Haha. Eh ini berbahaya lho, jadi tidak boleh tabu.

Pap smear adalah hal yang perlu dilakukan oleh semua wanita, terutama yang sudah berhubungan seks. Bukan setelah menikah saja, karena banyak 'kan yang sudah berhubungan seks sebelum menikah? Hehe. Pap smear berguna sebagai pemeriksaan awal apakah seseorang mengidap kanker serviks (mulut rahim) atau tidak. Nah, kanker serviks dan kanker payudara ini adalah penyakit yang banyak merenggut nyawa wanita. Jadi sebaiknya deteksi dini dilakukan sebelum terlambat!

Jadi, sebelumnya saya sudah tahu info tentang bahaya kanker serviks karena saya pernah liputan tentang berbagai penyakit di kandungan dan wawancara dokter kandungan di sebuah rumah sakit di Jakarta Utara. Banyak wanita yang datang terlambat ke dokter karena kanker ini tidak berasa. Nyeri, terutama di daerah panggul, baru dirasak…