Skip to main content

Mimpi

Hai, bloggers. How ya doin? Ada perubahan di template blog-nya yah. Saya baru tahu ternyata blog sudah secanggih itu dalam meng-upgrade content-nya. Hihih.
Mimpi apa semalam? Kapan terakhir mimpi buruk? Kapan terakhir mimpi sesuatu yang menurut Anda tidak biasa? :D
Tiba-tiba mau sharing tentang mimpi nih. Soalnya beberapa hari ini saya mimpi air bah.
Salah satu mimpi saya adalah saya mimpi Bandung kebanjiran. Ketika saya ada di atas flyover, air sudah menggenangi flyover. Berarti rumah dan gedung yang berada di bawah flyover sudah terendam air. Tapi airnya tidak cokelat ala Jakarta, warnanya biru tua seperti air laut. Disebelah saya ada seorang nenek-nenek. Saya pegang tangannya dan saya bilang saya takut. Dia memegang tangan saya kemudian dia bilang semuanya akan baik-baik saja.
Malang tak dapat ditolak, untung ngga dateng-dateng. Mobil yang saya naiki keluar dari pembatas flyover dan nyemplung ke air laut. Semuanya megap-megap, kecuali saya karena.. entahlah.. kepala saya selalu diatas permukaan air. Bahkan muka saya ngga basah oleh cipratan air. Saya menarik si nenek-nenek yang tenggelam di bawah saya, tapi dia ngga mau muncul ke atas permukaan. Dan tanpa saya sadari tangan si nenek lepas dari tangan saya.
Akhirnya air mulai surut, mungkin hanya satu meter lebih. Saya bertemu dengan orang-orang yang selamat. Saya merasakan ada sejumput rambut ditangan saya. Saya tarik ke atas, ternyata rambut dan teman saya nyangkut di tangan saya. Dia dalam keadaan sudah meninggal. Saya menampar-nampar mukanya agar ia hidup lagi, dan akhirnya dia hidup.
Btw, sebenarnya teman saya yang ada di dalam mimpi itu adalah sahabat baik saya di kampus. Ketika saya menceritakan mimpi saya dan melihat dia mati, dia.. no comment. Tapi dari mukanya memancarkan perasaan putus asa. Apalagi ketika saya ceritakan kalau saya menamparnya. Dia bilang, "Itu mau nyelametin atau dendam pribadi sih??" Hehe.
Sahabat saya bilang, kalau mimpi air bah itu pertanda mau mendapat musibah. Terus dia nanya apakah airnya kotor atau bersih. Saya bilang airnya bersih, seperti air laut. Dia bilang kalau airnya bersih akan mendapat rezeki.
Uh, ngga tau juga itu primbon dari mana. Secara logika pun, siapa sih yang mau kebanjiran air kotor. Air bersih aja ngga mau.
Saya sih berharapnya apa yang dibilang teman saya itu ngga bener. Karena dulu saya pernah mimpi ibu saya ditusuk berkali-kali oleh saya memakai gunting, saya bermimpi ternyata saudara perempuan saya adalah orang yang suka mengumpulkan tulang manusia dan menguburnya di halaman belakang kemudian karena ketahuan oleh suaminya, ia menusuk suaminya, dan saya mimpi anak-anak menusuk-nusuk teman mereka sendiri memakai ujung sapu.
Keesokannya saya mendengar kabar kalau teman saya, si debt collector, hampir ditusuk orang lain karena dendam. Oh Oh. Hebat sekali.
Mimpi selanjutnya adalah saya ditinggalkan teman saya yang bilang mau menemui ibunya tapi ngga balik lagi. Ketika saya ceritakan mimpi saya, dia bilang ibunya memang sedang sakit.
Mimpi tentang hantu udah banyak. Pertamanya serem. Hari pertama dan hari kedua mulai deg-degan karena banyak orang yang bilang kalau tiga hari berturut-turut akan kejadian. Ternyata mimpinya tidak sampai hari ketiga. Tetapi keempat, kelima, keenam dan seterusnya. Dari kunti dan pocong terbang, hantu anak sma di kamar mandi kampus dan sampai diri sendiri ngesot karena saking takutnya di dalam mimpi.
Banyak interpretasi mimpi sendiri dan dari teman-teman. Ada yang bilang kalau mimpi hantu itu artinya ada hantu disebelah kita dan ia ingin komunikasi. Ada yang bilang kalau mimpi buruk sebaiknya kita bangun kemudian meludah ke sebelah kiri (mungkin maksudnya ngeludahin setan apa?). Selain jorok, ogah deh dihantuin beneran.
Jadi apa itu mimpi? Apakah ini BMB (bukan mimpi biasa, red)?
Seorang teman, yang aseli psikolognya (bukan sarjana psikolog yang ngaku-ngaku psikolog), bilang sebaiknya saya mengendalikan mimpi saya yang istilahnya lucid dream. Lucid dream adalah mimpi dimana si orang tersebut sadar dengan apa yang dia impikan ketika proses mimpi sedang berlangsung. Gimana caranya mengendalikan mimpi? Mengendalikan untuk tidak pipis dicelana aja susah. Hehe.
Mimpi adalah pengalaman gambar, suara, ide, emosi dan sensasi lainnya selama tidur. Katanya, Freud, emosi yang berada di dalam mimpi biasanya anxiety. Kadang anak kecil kalau lagi ingin pipis, dia mimpi lagi kencing di dalam mimpi. Kalau kita deg-degan mau diinterview masuk kerja, biasaya kebawa mimpi. Freud melihat simbol universal yang mempunyai arti yang sama dari mimpi setiap orang. Karena mimpi sifatnya begitu pribadi, banyak orang yang menginterpretasi mimpi mereka sendiri di dalam konteks dimana ia tinggal atau pengalaman masa lalunya. Mereka membuat kesimpulan umum yang dianggap cocok dengan kehidupan pribadinya. Beberapa orang menemukan arti mimpi mereka begitu menyenangkan dan beberapa orang percaya ada sebuah pesan yang mereka temukan di mimpi mereka berguna untuk menyelesaikan masalah.
Ah mimpi itu susah dijelaskan atau diteorikan. Karena Freud sendiri memulai interpretasi mimpi dari pengalaman subjektifnya. Gimana caranya dia menyamaratakan arti mimpinya ke pasien-pasiennya? Mimpi bersifat mistis, kadang bersifat vertikal dan ketuhanan. Kadang kejadian setelahnya yang sesuai dengan mimpi tidak bisa diterima akal sehat. Tapi kalau kita sendiri yang mengalaminya, kita akan percaya bahwa mimpi lebih dari sebuah kebetulan.
Mimpi. Mengurai kehidupan alam bawah sadar yang tidak akan pernah selesai.

Comments

Wati said…
Salam kenal mbak Nia. Saya pernah sakit berbulan-bulan dan saya mimpi diajak berjabat tangan oleh seseorang, alhamdulillah sembuh. Saya kasih tahu orang tersebut dia malah bil mungkin itu iblis. Wah serem deh.
Anehnya mimpi ketemu iblis malahan sembuh.
mynameisnia said…
iblis?

aneh ya..

harusnya tambah sakit, bukan jadi sembuh. Tapi alhamdulillah kalau begitu :D

salam kenal mbak wati
raffaell said…
Lah aku sakit hati bertahun tahun, gimana tuh ?
mynameisnia said…
mungkin itu harus di cium iblis, mas Raffa.

Hehe :D
macangadungan said…
mengendalikan mimpi?
gw bisa
serius

kadang pas gw mimpi... gw suka tiba2 sadar klo gw ada di dlm mimpi. klo gw udah sadar, maka gw bisa mengendalikan mimpi gw. tp ga seluruhnya.

kaya misalnya gw mimpi dikejar pembunuh. saat gw udah terpojok, gw tiba2 teringat klo ini cm mimpi. maka gw lgsg menghayalkan gw punya senjata yg lebih hebat dr si pembunuh dan kemudian senjata itu muncul dan gw berhasil membunuh si penjahat.

atau mimpi dipelototin kunti. dalam mimpi itu gw ketakutan bgt.. apalagi si kunti makin mendekat aja. tiba2 gw sadar lg klo itu cm mimpi. dan itu ngebuat gw jadi berani dan lgsg mengusir kunti itu sambil marah2, dan kemudian gw terbangun....

waw... senang sekali menemukan penjelasan yg logis tentang hal ini. tp gw pernah baca dimana gtu.. klo kita bisa mengendalikan mimpi, berarti tingkat berpikir logis kita, alias otak kiri, memiliki kinerja yg baik. itu jg klo ga salah ya... bner ga, Ni?
mynameisnia said…
Baru denger tuh yang terakhir kalau otak kiri memiliki kinerja yang lebih baik. Mungkin juga.

Tapi gw pribadi, gw bisa sadar kalau gw mimpi. Tapi gw gak pernah ngendaliin mimpi dan apa yang di dalem mimpi gak mau berubah seperti apa yang gw mau.

Popular posts from this blog

Mirna.Sabrina.RealitaMedia

[Untuk mengenali tokoh, silahkan baca post sebelumnya]
Hari ini aku menghabiskan hari dengan menonton vcd di komputerku. Film yang aku tonton adalah film-film thriller psikologi. Bejo meminjamkan beberapa untuk satu minggu. Mataku terasa lelah, aku memutuskan untuk tidur. Namun sebelum aku sempat menutup mata, pintu kamarku diketuk.
Tok.. tok..
“Ya?” Aku bangun dari tempat tidur lalu melangkah gontai ke pintu lalu membukanya. Ada seulas senyum disana. Senyum sahabatku. Senyum yang hiperbola. Senyum yang menandakan butuh sesuatu. Senyumnya Sabrina.
Sabrina langsung membuka sepatunya dan menjatuhkan diri ke tempat tidurku.
“Ya ampuuunn.. siang bolong gini tidur.”
“Ralat.. hampir tidur!”
“Kok hampir sih? Tidur kok nanggung?”
“Ya kalau gue tidur, siapa yang mau buka pintu lo?”
Sabrina tertawa.
Sabrina adalah sahabat baikku. Aku, Sabrina dan Bejo selalu bersama-sama. Seperti Bejo, Sabrina dari Jakarta. Seperti Bejo, Sabrina pernah kuliah. Tapi ia mengambil jurusan yang berbeda dikampusnya sekarang.
“…

Hi, Mucocele

Jadi, belakang ini saya bolak-balik rumah sakit karena ada sebuah benjolan di bibir bawah saya. Biasalah, saya ini tipikal orang lama, yang mudah menganggap benjolan sama dengan kanker, makanya saya periksakan diri ke dokter. Sebagai wartawan yang sering wawacara masalah kesehatan, saya menyadari kalau deteksi dini lebih baik daripada terlambat karena bisa ditangani dengan cepat. Walaupun hasil diagnosisnya menggetarkan hati, setidaknya jadi tahu apa yang dilakukan.

Dulu bibir bawah saya pernah bengkak. Saya pergi ke dokter umum di RS Pondok Indah Puri Indah. Bengkak lho ya, bukan benjol. Kata dokternya ini perpaduan sariawan sama pembengkakan jerawat di daerah dagu. Kebetulan saya lagi jerawatan. Duh, malu. Sama dokternya dikasih obat minum dan obat oles yang berbentuk gel dan rasanya manis. Hanya beberapa hari saja, bengkak sudah mengempis dan yang penting udah enggak sakit lagi. Ah, ini mah manja aja pengen buang-buang jatah asuransi. Cis.

Nah, kalau yang kemarin ini adalah benjola…

Pap Smear Pertama Kali. Menakutkan 'Kah?

Jadi saya mau cerita pengalaman saya tes pap smear untuk pertama kali. Karena tulisannya akan bercerita tentang vagina, tolong disikapi secara ilmiah ya. Haha. Eh ini berbahaya lho, jadi tidak boleh tabu.

Pap smear adalah hal yang perlu dilakukan oleh semua wanita, terutama yang sudah berhubungan seks. Bukan setelah menikah saja, karena banyak 'kan yang sudah berhubungan seks sebelum menikah? Hehe. Pap smear berguna sebagai pemeriksaan awal apakah seseorang mengidap kanker serviks (mulut rahim) atau tidak. Nah, kanker serviks dan kanker payudara ini adalah penyakit yang banyak merenggut nyawa wanita. Jadi sebaiknya deteksi dini dilakukan sebelum terlambat!

Jadi, sebelumnya saya sudah tahu info tentang bahaya kanker serviks karena saya pernah liputan tentang berbagai penyakit di kandungan dan wawancara dokter kandungan di sebuah rumah sakit di Jakarta Utara. Banyak wanita yang datang terlambat ke dokter karena kanker ini tidak berasa. Nyeri, terutama di daerah panggul, baru dirasak…