Bahasa Inggris oh Bahasa Inggris

Tiba-tiba saya teringat ketika saya SMP. Saya punya dua orang sahabat, mereka jago sekali bahasa Inggris. Walaupun nggak kerasa secara langsung, tapi mereka - istilahnya - meng-under-estimate-kan saya. Nilai bahasa Inggris mereka selalu bagus dan mereka selalu menertawakan saya kalau saya salah ngomong. Ya saya sih cuek aja, wong saya memang nggak bisa.
Ketika temen-temen SMP saya mengidolakan guru bahasa Inggrisnya, ketika temen-temen SMP saya sudah jago conversation sama bule pas study tour ke Jogja, saya sibuk dengan dunia sendiri karena saya punya misi yang teramat besar: menerjemahkan lagu Cicak Cicak di Dinding ke dalam bahasa Inggris!
Hasilnya begini (jangan mengerutkan dahi karena salah ya, maklum ini buatan anak SMP):
(Cicak-cicak di dinding) Lizard lizard on the wall
(Diam-diam merayap) Silent silent it's crawling
(Datang seekor nyamuk) Then come a mosquito
(Hap! Lalu ditangkap!) Hap! And then to a catch!

Untungnya 'diam-diam merayap' tidak diubah menjadi 'crawling silently', atau 'datang seekor nyamuk' menjadi 'come one tail mosquito', bisa dirajam bule nih.
Saya nggak pernah ikutan LIA, Cinderella, EEP, ILP, apalagi TBI. Belum pernah juga di test TOEFL karena belum butuh. Sampai nekat beli 'Belajar Bahasa Inggris dan Grammar' seharga 7000an. Karena temen-temen saya yang les disana kok kayaknya nggak jauh-jauh amat kemampuan bahasa Inggrisnya.
Ya.. begitulah, pembaca. Gimana nih kemampuan bahasa Inggrisnya? Pasti lebih baik ya? Secara ini globalisasi, harus berbahasa Inggris. Tapi kata Remy Sylado globalisasi bukan seperti itu. Penggunaan campuran antara bahasa Indonesia dan bahasa Inggris menunjukkan krisis identitas. Katanya, yang namanya globalisasi itu adalah menggunakan bahasa Inggris pada tempatnya. Misalnya ketika kita berada di luar negeri.

Tapi tak mengapalah yang masih suka mencatut bahasa. The name is effort :)

Comments

raffaell said…
betul sekali, bhs ingris itu penting dan bahasa adalah salah satu ilmu yang paling penting di peradaban ini
stey said…
bahasa inggris gw masih sama ancurnya dengan kemaren2..
ilse-margot said…
hehe... kasian :) can i help you to improve your english? ilsemargothic@hotmail.com

Popular Posts