Dengan akar, akan terbentuk pohon yang kokoh

(dan sulit ditebang)
Kalau pohon beneran ya bagus, tapi kalau pohon masalah? Ya mampus.

Kemarin sore, teman-teman saya datang ke rumah saya. Biasalah, anak muda. Kita ngemil, ngeteh, dan ngobrol-ngobrol ngalor ngidul sampai teman saya berkata, "Sekarang banyak banget ya makanan kadaluarsa. Selain itu, daging-daging pun kualitasnya jelek. Sumpah, gue kasihan sama sapi gelonggongan. Gue enggak tega lihat itu sapi kejang-kejang. Dan ketika ditanya alasan kenapa mereka berbuat seperti itu, mereka menjawab, 'Ya untuk mencari uang karena kami miskin.'"
Saya diam, kemudian saya berkata, "Kalau gue paling sebal sama orang yang menyerah pada keadaan dan bilang, 'Ya... mau gimana lagi?'"
Kita sama-sama diam, mungkin saling mencerna apa yang menjadi topik pembicaraan. Saya bertanya kepada teman saya, "Sebenarnya, yang membuat masyarakat Indonesia miskin itu apa sih? Kurang kesempatan atau nasib sial?"
"Males, Ni. Orang Indonesia itu males-males! Gue yakin, kalau ada kemauan dan usaha, pasti ada jalan. Selain itu, mereka tidak berpendidikan. Mau usaha sekeras apapun, kalau jalan berpikirnya itu-itu aja, ya disitu terus. Misalnya ada orang tua yang banting tulang angkut sayur di pasar. Walaupun kerja keras, tetap saja miskin."
Saya setuju karena saya berpikir mungkin orang Indonesia miskin karena rendahnya pendidikan. Orang yang berpendidikan, pasti mempunyai jalan pikiran yang berbeda. Tapi bagaimana mau punya pendidikan jika miskin. Miskin karena pendidikan, dan tidak berpendidikan karena miskin. Rumit.
Lagian pembangunan tidak merata, uang hanya berkisar di pulau Jawa. Ya... macem film Laskar Pelangi lah, banyak sekolah yang kayak kandang binatang. Gimana mau pintar? Gimana mau kaya? Gimana mau menjadi orang yang baik (karena miskin memacu kriminalitas)?
Saya bilang ke teman saya, "Mungkin manusia Indonesia sekarang ini sedang mati perlahan dibunuh oleh sesamanya. Makan makanan kadaluarsa, daging tidak sehat." Dan ketika berita ini diturunkan, ada makanan model baru: gorengan plastik.
Kalau dibiarkan akar ini tumbuh dan menjalar, pohon akan semakin kuat dan sulit ditebang. Mungkin sekarang kita bisa mempersiapkan sebuah pisau kecil dengan memikirkan satu pertanyaan sederhana, "Menurut Anda, apa yang membuat masyarakat Indonesia miskin?"

Comments

vendy said…
gorengan plastik itu cerita lama. orang Indonesia itu cuma miskin perasaan koq. ga lebih.
Just For Music said…
mbak/mas hehehe... blognya pasangi iklan biar dapat duit aku liat di search engine blog saudara lumayan teratas , ni link program bisnis www.kumpulblogger.com yang menyediakan iklan dan kita dapat bayaran
Begy said…
rendahnya kuliatas dan kuantitas pendidikan adalah alasan nomor satu kenapa bangsa Indonesia miskin.

alasan nomor satu lainnya adalah pemerintah yang tidak becus (korupsi, dkk.) dan tidak kompeten (kalo ga salah pernah tuh menteri pendidikan orang militer. apa gunanya ikip?)
mynameisnia said…
@vendy: oohh.. udah lama untuk Jkt ya? :D
Lalu apa yang membuat Indonesia miskin, ven?


@begy: adeuh... IKIP :D

Popular Posts