Skip to main content

Apa Yang Pernah Dilakukan Hongkong?

Pada suatu hari, saya pernah melihat teman saya jalan dengan laki-laki. Saya pikir itu pacarnya. Lalu saya bertanya, "Itu pacar kamu?".

Teman saya menjawab, "PACAR DARI HONGKONG?!"

Jelas pacarnya bukan warga negara Hongkong atau pernah tinggal di Hongkong atau hasil kiriman paket dari Hongkong. Namun istilah 'dari Hongkong' sering digunakan untuk menunjukkan bahwa segala kata yang berada di depannya itu tidak benar.

Sepertinya istilah ini sudah lama digembar-gemborkan semenjak tahun 90-an. Saya bertanya pada teman-teman saya mengapa dari sekian banyak tempat, mereka menyebutkan Hongkong. Teman-teman saya berkata, "Karena barang dari Hongkong itu selain memproduksi banyak barang asli tapi palsu, barang mereka cepat rusak!". Oh, tidak usah jauh-jauh ke Hongkong karena barang Indonesia pun begitu adanya.

Saya menyimpulkan apapun kata yang berada di depan Hongkong, diindikasikan sebagai sesuatu yang jelek, bohong, palsu, tidak benar, hina, nista, dan lainnya. Ketika mengucapkan kata 'dari Hongkong', intonasi suara terkadang tinggi disertai mimik muka 'bisa-bisanya-lo-berpikiran-gitu'.

Pembaca, apa pernah tahu asal mula kata ini? Sebenarnya apa sih yang pernah dilakukan Hongkong terhadap Indonesia? Lagian, siapa juga sih yang memulai suatu pernyataan tanpa disertai alasan?

Comments

Anonymous said…
Kok menghina Hong Kong? Jelas2 Indonesia lebih tertinggal.

Andika
Anonymous said…
Menghina Fiji mungkin lebih masuk akal.

Andika
vendy said…
ga harus Hongkong
kadang2 ada yang suka ngomong "dari Ancol" pula, ataupun istilah ga jelas macam "tepos"

btw, ini lanjutan generasi bingung?
jek said…
tepos itu bahasa jawanya penyok

mungkin karena pacar temen lo mantan tkw? :D
vendy said…
soalnya temen gw sering ngomong "pantat tepos". masa pantat penyok? kan bukan bemper :))
Erick S. said…
"Dari Hongkong" Masih lebih enak didengar daripada "apeu" atau "wae".
macangadungan said…
iya ya..dulu cikal bakalnya dari hongkong klo ga salah kayak gini deh..

"bagi duit dong"
"ambil aja, di Hongkong"

waktu gue masih TK, om gue suka ngmg gtu soalnya...
JiMmY luVhaRa said…
haiyaaaa....ituh banghasa udah tulun temulun dari kelualga owe itu..

istilah kelualga owe kalo lagi boke..haaa...


dulu .. owe seling minta sama papi owe..
"pi..bagi jim mie duit haaa.."
telus di jawab sama papi owe..
"lo.. jadi anak bolos banget haa.. duit mulu..duit mulu.. duit dali hongkong haahh..."


gitu sejalahnya ,,
AnG9r4eN1 said…
Ade2 aje,madam. Aku ga tw asal mulanya ato apa kesalahan hongkong pada kita.Tapi,setiap aku pake "hongkong",brasa enak aja.Hahaha.Mungkin karena 'kong' nya kali ya.Coz kalo "dari amrik" ato "dari jepang", "rik" n "pang" nya terdengar kurang mengigit.
Itu teori pribadi aja ya.Hehe
btw,tepos itu artinya rata,jd kalo ada yang bilang pantat tepos,brarti pantatnya rata.Hehe
mynameisnia said…
Mungkin kong lebih deket sama king-kong. Kong.. kesannya berdengung pada 'ng' dan tidak berhenti.

Heheheh, aneeeeeeeehhh!

Thanks all!
agee_gee said…
sebenernya kata "hongkong" itu ada krn ledakan yg sangat hebat dr film "meteor garden"
itu loks sejak san-cai berkata ama A-Se... "pergi sana jauh ke hongkong, jadi TKI aja...dasar babon.." (maaf kata-2 akhir telalu lebai, itu personal statement :P) jadinya aja hongkong ngetop abiessss...
agee_gee said…
o ya.lagian kalo bilang "Pacar dari poncol" kan ga keren..dan ga Universal sifatnya..kqkqkq..

sapa tau dg bilang "pacar dari hongkong" (harapannya) bisa dapet pacar beneren dr sono..

ingat plen.."ucapan adalah doa", jadi sekalipun ngumpat...ngumpat lah yang bagus-2..hihii...^_^
Begy said…
haha bener juga ya darimana asal embel2 hongkong itu? tapi bener loh kalo ada yg nanya nyeleneh ato aneh-aneh terus direspon dengan "blah blah blah dari hongkong!" rasanya puas bgt haha.
mynameisnia said…
Ah ogah kalo pacar dari hongkong, gee. Orang Hongkong jarang bisa bahasa Inggris! Hehehe.
Laskar Pelangi said…
This comment has been removed by the author.
Laskar Pelangi said…
gw jg pengin py pacar dr Hongkong hihihi... boleh pesen satu kagak hihihi...
yohangituloh said…
hongkong gak salah apa-apa.
orang indonesia aja yang kebanyakan nonton sinetron.
Anonymous said…
*ahem*
hong kong itu negara bagian china yg bilingual. inggris dan chinese bahasa resmi mereka.
blog kamu bagus!
lam kenal!
mynameisnia said…
Feel free untuk mendapatkan pacar orang Hongkong!

Popular posts from this blog

Hi, Mucocele

Jadi, belakang ini saya bolak-balik rumah sakit karena ada sebuah benjolan di bibir bawah saya. Biasalah, saya ini tipikal orang lama, yang mudah menganggap benjolan sama dengan kanker, makanya saya periksakan diri ke dokter. Sebagai wartawan yang sering wawacara masalah kesehatan, saya menyadari kalau deteksi dini lebih baik daripada terlambat karena bisa ditangani dengan cepat. Walaupun hasil diagnosisnya menggetarkan hati, setidaknya jadi tahu apa yang dilakukan.

Dulu bibir bawah saya pernah bengkak. Saya pergi ke dokter umum di RS Pondok Indah Puri Indah. Bengkak lho ya, bukan benjol. Kata dokternya ini perpaduan sariawan sama pembengkakan jerawat di daerah dagu. Kebetulan saya lagi jerawatan. Duh, malu. Sama dokternya dikasih obat minum dan obat oles yang berbentuk gel dan rasanya manis. Hanya beberapa hari saja, bengkak sudah mengempis dan yang penting udah enggak sakit lagi. Ah, ini mah manja aja pengen buang-buang jatah asuransi. Cis.

Nah, kalau yang kemarin ini adalah benjola…

Pap Smear Pertama Kali. Menakutkan 'Kah?

Jadi saya mau cerita pengalaman saya tes pap smear untuk pertama kali. Karena tulisannya akan bercerita tentang vagina, tolong disikapi secara ilmiah ya. Haha. Eh ini berbahaya lho, jadi tidak boleh tabu.

Pap smear adalah hal yang perlu dilakukan oleh semua wanita, terutama yang sudah berhubungan seks. Bukan setelah menikah saja, karena banyak 'kan yang sudah berhubungan seks sebelum menikah? Hehe. Pap smear berguna sebagai pemeriksaan awal apakah seseorang mengidap kanker serviks (mulut rahim) atau tidak. Nah, kanker serviks dan kanker payudara ini adalah penyakit yang banyak merenggut nyawa wanita. Jadi sebaiknya deteksi dini dilakukan sebelum terlambat!

Jadi, sebelumnya saya sudah tahu info tentang bahaya kanker serviks karena saya pernah liputan tentang berbagai penyakit di kandungan dan wawancara dokter kandungan di sebuah rumah sakit di Jakarta Utara. Banyak wanita yang datang terlambat ke dokter karena kanker ini tidak berasa. Nyeri, terutama di daerah panggul, baru dirasak…

Prenatal Yoga atau Senam Hamil?

Calon ibu yang mengandung anak pertama seperti saya pasti mengalami kebingungan. Di tiga bulan pertama, biasanya bingung makan apa saja yang baik dan tidak untuk bayi, bingung memilih dokter, membatasi aktivitas, dan bingung membawa diri karena badan serba enggak enak (seperti mau sakit flu yang tidak kunjung sembuh, hehe). Tiga bulan kedua biasanya mulai menikmati, merasa unstoppable meskipun sedang hamil, mulai memakai minyak untuk mencegah strecth mark. Dan di bulan ketiga kembali bingung seperti harus mengambil keputusan terakhir rumah sakit atau dokter untuk persalinan, persiapan biaya, persiapan perlengkapan bayi, hingga persiapan pengetahuan tentang persalinan dan bayi.

Di tulisan sebelumnya, saya bercerita tentang stres yang dialami saat memasuki trimester ketiga. Hal yang belum saya bahas adalah pengetahuan tentang persalinan, menyusui, dan cara merawat bayi yang harus diketahui. Pengetahuan ini memang sebaiknya dipelajari di bulan ketiga. Alasannya ialah agar tidak lupa. Heh…