White Silence

Tadi malam saya mimpi saya tersesat di hamparan padang, entah di tengah kabut, yang semua-muanya berwarna putih. White silence. Tidak ada suara, tidak ada gerakan apapun, semuanya kosong, hening, diam, dan beku. Anehnya saya tidak merasa takut. Ini membuat saya berpikir setelahnya mengapa orang takut berada sendirian. Berbeda jika seseorang ditemani dengan orang lain yang bisa saja berkelahi suatu waktu, sendirian tidak akan menyakiti, kan? Jadi, pembaca, mengapa orang-orang takut sendirian?

Saya seringkali mimpi aneh. Ibu saya sering mendapatkan cerita kalau saya dapat mimpi buruk, mimpi yang ganjil, dan mimpi-mimpi yang meminta diterjemahkan maknanya. Saya juga seringkali mimpi hantu. Beragam tips sudah diberikan seperti harus menghadap ke sisi tertentu kemudian meludah jika mengalami mimpi buruk atau doa sebelum tidur. Bahkan dongeng bahwa jika seseorang mimpi hantu, maka sebenarnya hantu sedang tidur di sampingnya. Semula saya takut, lama kelamaan saya menikmatinya. Dan selanjutnya - yang saya sesalkan mengapa saya tidak lakukan dari dulu - saya akan membuat jurnal dari mimpi-mimpi saya.

Saya percaya bahwa mimpi bukanlah sekedar pelengkap tidur, bukan hanya bunga tidur, dan bukan sesuatu yang menganggu kekhusyukan tidur itu sendiri. Mungkin mimpi adalah sebuah misteri yang tidak bisa dijelaskan dengan teori apapun, yang menghubungkan alam pikiran manusia dengan alam lain. Mungkin mimpi adalah bahasa alam untuk memberi tahu sesuatu yang mengganjal, sesuatu yang jauh dari jangkauan, sesuatu yang tidak bisa dilihat, sesuatu yang perlu diketahui dengan beragam simbol dan isyarat.

Sayang sekali, mengenai foto, saya harus mencatut dari sini karena saya belum menemukan hasil foto buatan saya sendiri yang sangat merepresentasikan mimpi saya tadi malam.

Comments

Pos "Sudut Pandang Mengenai Rindu" -dari http://mynameisnia.blogspot.com/2009/02/sudut-pandang-mengenai-rindu.html- Dihapus, ya? (Oke. Pertanyaan bodoh)
:D

Hm, jurnal mimpi? Saat SMP, saya pernah berkeinginan untuk membuat hal serupa. Sayang, pengalaman malas-malasan sebelum bangun tidak bisa digantikan kenikmatannya :p

Kalau ndak salah, fungsionalitasnya banyak ya, kak Nia?
Dibahas waktu kuliah dulu, ndak?
Denger-denger, sih, selain kesehatan mind, jurnal mimpi "ikut bermain" dalam perjalanan spiritual sang kesadaran esensial juga, kan, ya? (Walaupun tidak terbatas untuk itu)
M. Lim said…
masalahnya nih, belum tentu sesudah bangun gue inget mimpi gue apa.
Tapi kalo pas lagi inget pasti gue tulis.
Ohya, Twilight kan dari mimpi tuh. Bikin lah novel aja catatan mimpinya
vendy said…
lalu, analisa2 mimpi itu (ada yg dari Freud kl ga salah) masih sebatas "kemungkinan" jg dunks =D
mynameisnia said…
@Gris: Hmmm.. kurang tau juga ya pengaruh signifikan sama perjalanan spiritual karena saya belum pernah mencobanya. Mungkin akan saya coba dan melihat kira-kira apa pengaruhnya untuk (perjalanan spritual) saya. Tentu dibahas di kuliah. Hehe.

@M.Lim: Halo, selamat datang. Iya, memang kadang lupa. Tapi kalau lupa jangan dipaksa nulis, ya sudah biarkan saja, karena ntar jadinya gak murni.

@vendy: Kemungkinan gimana, ven? Kemungkinan kalau interpretasi bahwa mimpi pisang selalu menandakan kelamin pria? Gak tahu juga, tapi memang interpretasi Freud berdasar dari pengalaman2 dia (yang mana subjektif) tapi boleh untuk asupan teori.
macangadungan said…
ah...gue termasuk orang yg takut sendirian. ga tau kenapa :)
mynameisnia said…
Mungkin itulah manusia disebut makhluk sosial. Mereka gak bisa hidup sendirian.
mynameisnia said…
@M.Lim: Halah, ternyata Mbak Mirna. Gak jadi deh bilang selamat datangnya. Hehehe.
Pertanyaan pertama, dong..
Pos "Sudut Pandang Mengenai Rindu"nya kemana? :D

Hm, jadi, idenya untuk membuat jurnal mimpi, nih?

Anyw, tentang mimpi White Silence ini, kak Nia lebih cenderung menganggapnya petunjuk untuk yang akan datang, atau refleksi atas yang telah lalu?
vendy said…
ya, makanya masih sebatas kemungkinan. contohnya, kl berdasarkan analisa pisang itu terus ntar ada temen loe bilang "semalem gw mimpi makan pisang"...
Bellar said…
Kalau saya sih pengennya mimpi yang indah-indah aja ah ...

Salam kenal !
mynameisnia said…
@Le Ciel est Gris: Dihapusss.. dihapuuuss. Hehehe. Ya, tentu dibahas di kuliah. Kalau saya sih mungkin merujuk apa yang sedang saya alami sekarang. Hehe.

@Vendy: Mungkin jangan dilihat pisangnya saja, lihat juga aktivitas 'makan'-nya karena menurut Freud yang berhubungan dengan mulut itu disebabkan dengan perkembangan oral ketika kecil. Kira2, ada masalah apa di tahap itu.

@Bellar: Welkom, then :)
iya, kenapa harus takut kalau sendirian?

kita lahir sendirian, meninggal nanti juga sendirian.

dan gw rasa setiap orang perlu masa-masa kesendirian untuk merenungi hidupnya.
mynameisnia said…
@Desperatedessert: Mungkin sudah takdir manusia bersama2. Oleh karena itu diciptakan berpasang-pasangan.

Yap, betul, manusia terkadang butuh kesendirian.
Bubble-pinkz said…
Gua termasuk org yang takut sendirian.... Mungkin bener kata lu... karena manusia pada dasarnya adalah makhluk sosial yang ga bisa hidup sendiri... makanya terkadang manusia takut sendirian....

Menurut gua... mimpi itu merupakan tanda atau isyarat buat kita... Contohnya... ada yang bilang... kalo mimpi gigi copot berarti akan ada seseorg yang meninggal... And it happened to me... Gua pernah mimpi gigi gua copot.... dan beberapa bulan kemudian... oma gua meninggal....
mynameisnia said…
Sorry to hear that.

Hm.. mungkin juga sih. Tuh kan, berarti mimpi bukan sekedar bunga tidur.

Popular Posts