Ssshhh... It's a secret!

Menyimak tulisan teman saya yang menulis tentang dirty little secret di blognya, saya jadi mengira-ngira sebesar apa hidden spot yang dimiliki teman saya dan orang pada umumnya. Setiap orang pasti memiliki hal-hal yang tidak diceritakan kepada orang lain, hal-hal yang hanya diketahui diri pribadi, disimpan dalam teritori, dimasukkan ke dalam peti, digembok, dan dikunci, bahkan mungkin dibawa sampai mati.

Rahasia memalukan apa yang bisa disimpan begitu dalam? Apa pertimbangannya seseorang untuk tidak menceritakan? Adakah ia merasa takut ditinggalkan setelah menceritakan rahasianya?

Rahasia tidak melulu sesuatu yang besar. Rahasia adalah hal-hal yang kita ketahui dan orang lain tidak ketahui. Mungkin rahasia itu sifatnya beragam: ada yang dangkal dan ada yang mendalam. Rahasia yang dangkal misalnya tentang warna kesukaan saya. Mungkin saya tidak akan menceritakan kepada orang lain yang pertama kali saya kenal. Tapi seiring dengan waktu, bisa jadi saya menceritakan warna kesukaan saya. Bagi saya ini dangkal karena ini bukan hal yang esensial. Saya menceritakannya karena masalah kuantitas waktu yang saya dapatkan dengan orang yang baru saya kenal.

Berbeda dengan rahasia yang dangkal, rahasia yang dalam membutuhkan waktu yang sangat lama untuk diceritakan kepada orang lain. Itupun harus orang-orang yang terpilih dan kita percaya sepenuhnya. "If you give people information about yourself, you give them power over you" - mungkin itu adalah pertimbangannya. Atau pertimbangan lainnya adalah seseorang akan mendapatkan timbal balik yang negatif misalnya pandangan orang lain menjadi berubah atau bahkan menjadi enggan berteman.

Sekarang, jika ingin menceritakan suatu rahasia kepada orang lain, pilihlah dengan sangat hati-hati. Pilih orang lain yang bisa paham dan memberi pemahaman atas masalah yang kita miliki. Sayangnya, orang seperti itu sangat sulit ditemukan. Jika tidak bisa ditemukan, yakinlah bahwa menyimpan rahasia itu sepenuhnya jelek karena ini adalah cara kita mengatur identitas, mengindikasikan bahwa kita aman dan memiliki kontrol diri. Tapi ini membutuhkan energi yang sangat besar karena kita harus mempertahankan diri secara konstan agar rahasia tidak bocor dan mengakibatkan hal-hal yang buruk pada diri kita.

Mempertahankan diri secara konstan itu melelahkan. Hal yang terakhir yang saya lakukan adalah saya menceritakan rahasia yang seumur hidup saya simpan kepada sahabat - itupun delapan tahun kemudian. Bagi saya, itu adalah sebuah pencapaian terbesar. Pada saya menceritakannya, tidak peduli apakah saya mendapatkan timbal balik negatif atau tidak. Dan itu sangat melegakan.

Bagaimanapun, menceritakan adalah sebuah pilihan.

Comments

macangadungan said…
hmmm... iya sih. kadang rahasia yg disimpan sendiri itu malah bikin sesak. tp kadang malah bakal lebih sesak lagi rasanya kalo diceritain...
Nia said…
Hehe, gue pernah gitu, Can. Gue pernah nyesel dan tambah nyesek setelah cerita. Biasanya karena gue terlalu cepat mengambil keputusan.
andika said…
Cara yang ampuh untuk berahasia adalah dengan bersikap bahwa kita memang tidak pernah menyimpan rahasia.
ezra said…
saya bukan tipe orang yg suka mengungkapkan rahasia. tp sayangnya saya jadi tempat sampah buat orang lain yg ingin mengungkapkan rahasianya. hehe..
Nia said…
Itu bukan 'sayang'nya, Zra. Artinya lo bisa dipercaya :)
Sundea said…
Gue ketemu orang yg kayaknya begitu, Ni.

Orang ini cukup misterius, kayaknya banyak nyimpen rahasia, dan agak jaim. Kadang gue ngerasain energi capek dia, tapi nggak tau gimana mbantunya.

Biasanya gue ngelucu2 aja meskipun nggak tau itu bikin dia terhibur apa malah tambah susah ... hehehe ...
Nia said…
Tapi memang ketika seseorang belum memutuskan dan belum melakukan tanda2 mau membuka blind spotnya, memang sebaiknya kita enggak usah melakukan usaha apa2 sih.

Hehe.
Brahm said…
Aku mau buka rahasia nih. Sampai sekarang sebenarnya aku tergolong tipe spt yg diceritakan Sundae. Tp aku selalu ceria (setidaknya dari luar) kok, dan nggak jaim :D

Nggak perlu berusaha membantu. Kita teruskan aja ketawa2nya ....
Nia said…
Wah, kita jadi ngelihat dari sudut pandang dari tipe orang yang dikemukakan Dea!

Nggak perlu berusaha membantu. Kita teruskan aja ketawa2nya.

v
v

Kalimat ini jadi membuat orang lain sedikit memahami.

Thanks for sharing, Mas Brahm! :)
Penikmat Buku said…
hmmm...terkadang merahasiakan sesuatu menjadi menyenangkan, seperti menyimpan misteri pribadi
Ivy.Puppy said…
coolz...
bisa mengungkap kn dgn tepat apa yg dulu jg pnrh sy rasakan..
wkwkkw...
emang menceritakan or tidak adlh sebuah pilihan..

salam kenal! >,<

Popular Posts