Skip to main content

Pulanglah. Mewujudlah Di Pangkuan.

Mengisi jiwa yang kosong pada hari-hari kerja dengan musik adalah solusi yang tepat. Setidaknya bagi saya. Sebelum berangkat kerja, saya sering mendengarkan mp3 dalam perjalanan - setidaknya untuk membuat saya tenang menghadapi kerjaan yang penuh tekanan. Huks.

Minggu sore sehabis hujan, saya menghadiri sebuah acara musik sore yang awalnya akan diadakan pukul empat. Saya sampai di tempat pada pukul empat kurang sepuluh, namun acara sudah dimulai dan musisi sudah menyanyi. Acara yang terlambat atau terlalu cepat dari jadwal awal juga bisa membuat penonton kecewa.

Tersebutlah musisi tersebut bernama Maryam Supraba yang menurut teman saya Maryam Supraba ini putrinya WS Rendra.


Ketika saya datang, Maryam sedang menyanyikan salah satu lagu dari Krakatau yang diakui oleh Maryam sendiri bahwa itu adalah satu-satunya lagu orang lain yang ia bawakan selama ia menyanyi.

Baru kali ini saya terpesona dengan seorang penyanyi perempuan Indonesia. Lagu-lagu yang Maryam bawakan terkadang begitu kekanak-kanakan seperti Aku Dan Kucingku, begitu lucu seperti Keroncong Suka-Suka, dan begitu dewasa seperti Aisyah. Latar belakang teater yang dimilikinya membawa suasana teatrikal pada musik sore ini. Ia tersipu malu, ia marah, ia sedih, ia bertingkah seperti anak kecil - semua ekspresi itu ditunjukkan oleh Maryam sesuai dengan lirik lagu.

Lagu Aku Dan Kucingku dikisahkan Maryam sebagai lagu yang ia ciptakan ketika ia patah hati oleh seorang fotografer. Makanya, mbak, jangan mau sama fotografer - model-modelnya cihuy berat tuh. Hehe. Ia bercerita kepada si kucing tentang perasaan-perasaannya. Sementara di lagu Keroncong Suka-Suka yang begitu jenaka, menceritakan seseorang yang tidak bisa bernyanyi bukan berarti tidak bisa menikmati keroncong itu sendiri. Nada gitar yang dibawakan menirukan musik gamelan itu membuat orang-orang tersenyum mendengarnya. Ciamik!

Jujur, saya kecewa sekali ketika harus berakhir. Saya ingin mendengarkannya lagi dan lagi.

"Di tengah lapang di sore hari. Naikkan layang-layang sambil berlari." - Maryam Supraba

Comments

andika said…
Ternyata nama Maryam dan Cahyo (cowok yang main gitar) itu nge-band, namanya Saguaro (http://www.facebook.com/pages/Saguaro/94211940451). Gw udah nyari lagunya di mana-mana kagak ada. Kayaknya kalo mau dengerin mereka emang harus dateng ke live performance-nya, deh.
Nia said…
Tengs buat infonya.

Popular posts from this blog

Mirna.Sabrina.RealitaMedia

[Untuk mengenali tokoh, silahkan baca post sebelumnya]
Hari ini aku menghabiskan hari dengan menonton vcd di komputerku. Film yang aku tonton adalah film-film thriller psikologi. Bejo meminjamkan beberapa untuk satu minggu. Mataku terasa lelah, aku memutuskan untuk tidur. Namun sebelum aku sempat menutup mata, pintu kamarku diketuk.
Tok.. tok..
“Ya?” Aku bangun dari tempat tidur lalu melangkah gontai ke pintu lalu membukanya. Ada seulas senyum disana. Senyum sahabatku. Senyum yang hiperbola. Senyum yang menandakan butuh sesuatu. Senyumnya Sabrina.
Sabrina langsung membuka sepatunya dan menjatuhkan diri ke tempat tidurku.
“Ya ampuuunn.. siang bolong gini tidur.”
“Ralat.. hampir tidur!”
“Kok hampir sih? Tidur kok nanggung?”
“Ya kalau gue tidur, siapa yang mau buka pintu lo?”
Sabrina tertawa.
Sabrina adalah sahabat baikku. Aku, Sabrina dan Bejo selalu bersama-sama. Seperti Bejo, Sabrina dari Jakarta. Seperti Bejo, Sabrina pernah kuliah. Tapi ia mengambil jurusan yang berbeda dikampusnya sekarang.
“…

Hi, Mucocele

Jadi, belakang ini saya bolak-balik rumah sakit karena ada sebuah benjolan di bibir bawah saya. Biasalah, saya ini tipikal orang lama, yang mudah menganggap benjolan sama dengan kanker, makanya saya periksakan diri ke dokter. Sebagai wartawan yang sering wawacara masalah kesehatan, saya menyadari kalau deteksi dini lebih baik daripada terlambat karena bisa ditangani dengan cepat. Walaupun hasil diagnosisnya menggetarkan hati, setidaknya jadi tahu apa yang dilakukan.

Dulu bibir bawah saya pernah bengkak. Saya pergi ke dokter umum di RS Pondok Indah Puri Indah. Bengkak lho ya, bukan benjol. Kata dokternya ini perpaduan sariawan sama pembengkakan jerawat di daerah dagu. Kebetulan saya lagi jerawatan. Duh, malu. Sama dokternya dikasih obat minum dan obat oles yang berbentuk gel dan rasanya manis. Hanya beberapa hari saja, bengkak sudah mengempis dan yang penting udah enggak sakit lagi. Ah, ini mah manja aja pengen buang-buang jatah asuransi. Cis.

Nah, kalau yang kemarin ini adalah benjola…

Pap Smear Pertama Kali. Menakutkan 'Kah?

Jadi saya mau cerita pengalaman saya tes pap smear untuk pertama kali. Karena tulisannya akan bercerita tentang vagina, tolong disikapi secara ilmiah ya. Haha. Eh ini berbahaya lho, jadi tidak boleh tabu.

Pap smear adalah hal yang perlu dilakukan oleh semua wanita, terutama yang sudah berhubungan seks. Bukan setelah menikah saja, karena banyak 'kan yang sudah berhubungan seks sebelum menikah? Hehe. Pap smear berguna sebagai pemeriksaan awal apakah seseorang mengidap kanker serviks (mulut rahim) atau tidak. Nah, kanker serviks dan kanker payudara ini adalah penyakit yang banyak merenggut nyawa wanita. Jadi sebaiknya deteksi dini dilakukan sebelum terlambat!

Jadi, sebelumnya saya sudah tahu info tentang bahaya kanker serviks karena saya pernah liputan tentang berbagai penyakit di kandungan dan wawancara dokter kandungan di sebuah rumah sakit di Jakarta Utara. Banyak wanita yang datang terlambat ke dokter karena kanker ini tidak berasa. Nyeri, terutama di daerah panggul, baru dirasak…