Manusiawi

Iseng, saya cari di internet tentang manusiawi. Menurut KBBI, manusiawi adalah bersifat manusia (kemanusiaan): hal itu terjadi karena kesalahan -- saja. Maka, kalau boleh saya intepretasikan, maka manusiawi itu hanya dimiliki oleh manusia yang berbuat salah.

Jadi, kalau orang menyalahkan orang lain karena suatu masalah dan memuji diri karena suatu keberhasilan, maka namanya manusiawi karena begitulah sifat manusia. Tapi kalau orang yang melakukan derma--agaknya jarang dinamakan manusiawi karena, ya tadi, label manusiawi baru dikemukakan saat terjadi karena kesalahan.

Kadang istilah manusiawi menjadi pengecualian sendiri terhadap sebuah kesalahan. Contoh seperti yang ada di gambar ini yaitu ada seseorang yang menguap karena mengantuk/bosan. Itu tidak apa-apa karena itu manusiawi. Tapi bukankah seorang prajurit seharusnya selalu sigap dan terjaga? Bagaiaman jika musuh datang saat kondirinya tidak sigap? Ah, tapi tidak apa-apa, toh namanya manusia dan mengantuk itu manusiawi.

Padahal istilah untuk sebuah kesalahan itu diberi nama "setani" saja. Kasihan manusia, belum apa-apa kok sudah dicap salah.

Mengkritisi juga manusiawi kok.

Comments

Popular Posts