Liuk Aksara Jawa

Beberapa orang mungkin subscribe blog ini karena saya sering datang ke pameran seni dan pembaca ingin tahu jika ada informasi tentang pameran seni. Tapi nyatanya akhir-akhir ini saya sering menulis tentang diri atau kejadian yang umum saja. Maaf ya. :D Beberapa minggu terakhir, saya sempat mendatangi beberapa pameran tapi kurang berkesan. Jadinya tidak saya tuliskan.

Tapi hari ini berbeda. Justru hari ini saya benar-benar niat untuk pergi ke Galeri Nasional, Jakarta, karena saya mau menghadiri pameran tunggal Eddy Susanto. Tiga tahun lalu, saya pernah datang ke pameran tunggal Eddy berjudul Mata Hari Centhini di Galeri Lawangwangi, Bandung. Waktu itu saya terkesan sekali dengan karyanya. Lukisannya menjadi spesial karena di setiap lukisan terdapat detail aksara Hindi yang ditulis melingkar dan bercerita.

Pameran tunggal kali ini berjudul "JavaScript" yang diadakan sampai tanggal 13 September nanti. Sebuah patung sinden yang tengah duduk dengan microphone di depannya menyambut saya ketika masuk ke dalam ruang pameran. Di belakang patung batu itu terdapat sebuah kayu yang diukir dengan aksara Jawa. Kemudian terdapat tiga buah lukisan yang terdiri dari huruf-huruf kayu yang membentuk sosok Kartini dan Sukarno.

Hymns of Dystopia, 2015



Karya-karya lainnya adalah lukisan-lukisan yang menggambarkan pertemuan budaya (manuskrip). Kalau kata Suwarno Wisetrotomo, dikutip dari website Galeri Nasional, contohnya adalah manuskrip Arjunawiwaha dipertemukan dengan karya klasik Albrecht Durer (1471-1528) “The Promade”, karya kidung Asmarandana dipertemukan dengan karya Lambert Hopfer “The Conversion of St. Paul”, kitab Baratayudha dipertemukan dengan karya Albrecht Durer “The Four Horsemen of the Apocalypse”.

Melihat lukisan-lukisan ini seperti melihat sebuah buku cerita yang sangat besar dengan ilustrasi cerita di halaman sebelah kiri dan tulisan di halaman sebelah kanan. Ilustrasi itu memiliki garis yang ditulis dengan aksara Jawa. Ukurannya kecil-kecil dan penuh detail sehingga bisa dilihat sebagai satu gambar utuh dari kejauhan. Di bawah lukisan, terdapat mp3 player yang bisa digunakan pengunjung untuk mendengarkan kata-kata yang dinyanyikan oleh sinden. Peleburan dua budaya ini, yaitu masa lalu dan masa kini, menjadi fokus Eddy.

The Book of Hours of Panji

Detail tulisan

Detail gambar

Detail gambar

Meskipun terkadang budaya memberi kesan kuno, anak muda tetap bisa menghubungkan masa lalu dengan masa kini. Eddy membuat lukisan-lukisan yang mengawinkan aksara Jawa dengan mengilustrasikan website-website yang akrab dengan kita seperti YouTube, Facebook, dan Wikipedia.

Saya suka dengan karya-karyanya. Yang membuat saya suka adalah karya yang seperti ini: dari jauh enak dipandang, dari dekat ternyata lebih mengesankan karena mengandung detail-detail yang luar biasa.

Nia Janiar

Orang Bandung yang sedang berdomisili di Jakarta. Percaya dengan tulisan sederhana namun bermakna. Tulisan dari hati akan sampai ke hati lagi. Berkegiatan menjadi buruh tulis di media. Kadang jalan-jalan, nonton gigs, atau ke pameran seni. Senang berkenalan dengan pembaca.

Post a Comment

Komentar di blog ini akan dimoderasi agar penulis dapat notifikasi komentar terbaru.

Previous Post Next Post

Contact Form