Hi, Mucocele

Ilustrasi dari freepik.com | katemangostar

Jadi, belakang ini saya bolak-balik rumah sakit karena ada sebuah benjolan di bibir bawah saya. Biasalah, saya ini tipikal orang lama, yang mudah menganggap benjolan sama dengan kanker, makanya saya periksakan diri ke dokter. Sebagai wartawan yang sering wawacara masalah kesehatan, saya menyadari kalau deteksi dini lebih baik daripada terlambat karena bisa ditangani dengan cepat. Walaupun hasil diagnosisnya menggetarkan hati, setidaknya jadi tahu apa yang dilakukan.

Dulu bibir bawah saya pernah bengkak. Saya pergi ke dokter umum di RS Pondok Indah Puri Indah. Bengkak lho ya, bukan benjol. Kata dokternya ini perpaduan sariawan sama pembengkakan jerawat di daerah dagu. Kebetulan saya lagi jerawatan. Duh, malu. Sama dokternya dikasih obat minum dan obat oles yang berbentuk gel dan rasanya manis. Hanya beberapa hari saja, bengkak sudah mengempis dan yang penting udah enggak sakit lagi. Ah, ini mah manja aja pengen buang-buang jatah asuransi. Cis.

Nah, kalau yang kemarin ini adalah benjolan, bukan bengkak, dan tidak sakit. Hanya saja rasanya ganggu saat makan dan kalau sudah makan jadi terasa membesar. Waduh, saya takutnya kanker
(tetep). Terus saya memutuskan untuk periksa ke dokter gigi (sebenarnya bisa ke dokter bedah mulut tapi saat itu sedang tidak praktik) di RS Medika Permata Hijau. Saya bertemu dokter gigi di sana. Setelah disuruh berbaring dan beliau periksa, ternyata benjolan ini bernama mucocele. Kalau hasil nanya dan googling, mucocele terjadi karena kelenjar ludah dan air liur akan diblokir tidak dapat mengalir dengan lancar. Mucocele bisa hilang dengan sendirinya, tapi bisa juga tidak, malah jadi membesar.

Karena ini benjolan udah ada seminggu lebih dan tidak hilang-hilang, malah saya merasa kalau setelah makan jadi membesar, dokternya bilang kalau benjolan ini harus diangkat a.k.a operasi kecil. Tidak usah membayangkan berada di ruang operasi dengan penutup kepala atau baju khusus, operasinya dilakukan di ruang praktiknya yang hanya dua meter dari tempat duduknya.

Kalau mendengarkan kata operasi, pasti yang langsung terpikirkan adalah uang, uang, uang. Duh, agak serem ya. Kemungkinan operasi ini sudah saya pikirkan sebelumnya dan sudah saya cari di Google juga untuk siapin biaya. Karena saya tahu rasanya jadi orang dengan duit pas-pasan dan butuh informasi tentang operasi kecil ini, maka saya akan beri tahu ya. Setelah tanya dokternya, biaya operasinya satu juta rupiah, belum termasuk obat dan biaya dokter. Obatnya habis sekitar Rp180 ribuan saja untuk obat radang dan antibiotik. Dan setelah 10 hari kemudian, saya datang lagi untuk buka jahitan, biayanya sekitar Rp250 ribu. Setiap dokter pasti punya biaya operasi dan yang berbeda, ini sebagai gambaran aja. So please use this information wisely, do not overgeneralize.

Saya berbaring di atas kursi yang bisa diatur jadi tempat tidur. Terus dokternya suntik bibir saya sehingga rasanya jadi kebas. Begitu sudah kebas, dia memotong mucocele. Rupanya ada dua benjolan di dalam. Yang satu besar dan yang satu kecil. Kata dokter, benjolan kecil ini beda-beda setiap orang. Ada satu, ada juga yang banyak seperti anggur. Dan kalau benjolannya dipecahin akan keluar cairan kental seperti ingus. Terus darah dari luka terasa mengalir ke tenggorokan sih. Hehe. Saya memutuskan untuk menutup mata aja sambil merasa bibir yang ditarik-tarik. Udah gitu dijahit deh.

Sebelum saya setuju, saya minta orang rumah sakit tanya ke pihak asuransi. Ternyata di-cover kok. Jadi semua biaya yang saya gunakan itu gratis. Walaupun ada kesalahpahaman antara pihak rumah sakit dengan pihak asuransi karena rumah sakit memasukkan biaya itu ke perawatan dasar untuk gigi, harusnya masuk ke biaya rawat inap atau rawat dasar gitu--lupa, akibatnya saya harus mengeluarkan biaya. Tapi keesokan harinya pihak asuransi telepon untuk meluruskan bahwa seharusnya itu dibiayai seluruhnya dan biaya yang saya keluarkan di rumah sakit kemarin bisa di-reimburse ke kantor. So, all is clear.

Jadi, kalau ada yang punya mucocele, enggak perlu panik. Benjolan ini sebenarnya tidak berbahaya, tapi kalau sudah ganggu seperti ganggu makan tentu harus ke dokter. Biayanya juga sebenernya tidak terlalu besar (tapi nyesek juga kalau pas lagi enggak punya bokek. Hehe.) Dan walaupun tidak dapat endorse dari pihak asuransi kesehatan, punya asuransi semacam membantu sih. Apalagi untuk urusan-urusan yang genting seperti ini.

Good luck!

Nia Janiar

Orang Bandung yang sedang berdomisili di Jakarta. Percaya dengan tulisan sederhana namun bermakna. Tulisan dari hati akan sampai ke hati lagi. Berkegiatan menjadi buruh tulis di media. Kadang jalan-jalan, nonton gigs, atau ke pameran seni. Senang berkenalan dengan pembaca.

18 Comments

Komentar di blog ini akan dimoderasi agar penulis dapat notifikasi komentar terbaru.

  1. Klo boleh tau, dgn dokter siapa?

    ReplyDelete
  2. Iyaa mohoninfo nm dokternya boleh?

    ReplyDelete
  3. Halo kak...
    November lalu, saya juga operasi mucocele. Tapi setelah beberapa bulan operasi, saya merasa bibir saya membengkak. Apa kakak juga seperti itu?

    ReplyDelete
  4. Mita: waduh saya engga ada bengkak.. fine2 aja setelahnya.

    ReplyDelete
  5. Anonymous4:33 PM

    Berbekas gak kak jahitannya? Dan bekasnya brp lama ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga kayak gitu kak di suruh operasi tpi takut jadi aku sring pcahin sndiri

      Delete
  6. Sama sekali engga berbekas. Beberapa hari juga udah hilang jahitannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous2:50 PM

      Berarti jahitanya yg gak perlu di lepas ya kak?

      Delete
  7. Anonymous10:23 AM

    Saya jg ada mucocele udh 2 minggu ini, pernah pecah sekali. Lagi coba pake bahan2 alami dulu . Soalnya bnyk yg bilang numbuh lagi setelah operasi disebelahnya:( mana sekali operasi sekitar 1jt :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, pakai bahan alaminya apa aja tuh, mba? Kalau saya setelah operasi enggak numbuh lagi. Good luck yaa, dan semoga cepat sembuh :)

      Delete
    2. Mbak kalo boleh tau apa obat alaminya...anak saya ada mocucele juga...mks

      Delete
  8. Bagaimana menghilangkan mucocele pada anak ?mucocelenya yg sudah ada sejak 1 tahun yg lalu belum hilang juga mucocelenya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf saya kurang tahu kalau pakai cara selain dibedah. Mungkin bisa konsultasi ke dokter :)

      Delete
  9. Jahitannya hilang apa diambil lagi ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya diambil lagi, tapi copot sendiri karena sering kegesek pas makan. Hehe.

      Delete
  10. Hallo kak, apakah abis operasi bibirnya jadi bengkak di bagian jahitan? setelah lepas jahitan apakah bibir kembali ke bentuk semula?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Engga bengkak kok.. dan kembali seperti semula. :)

      Delete
  11. Tahun 2016 1 jt biaya operasi mukokel, untuk skrng kira2 kena berapa ya, saya tanya ke rs harus konsul dengan dokter terlebih dahulu

    ReplyDelete
Previous Post Next Post

Contact Form