Wajib Dicatat! Ini Cara Menghemat Kuota Telkomsel yang Efektif

Salah satu operator seluler yang seringkali menjadi pilihan masyarakat Indonesia adalah Telkomsel. Apakah kamu salah satunya?

Gambar: Batam.tribunnews.com
Banyak banget pengguna dari operator ini karena kecepatan koneksinya yang memang sangat baik. Enggak heran kalau penggunaan dari paket data Telkomsel jadi sangat rawan boros kuota. Nah, bagi para pengguna Telkomsel, dianjurkan banget untuk baca beberapa cara menghemat kuota Telkomsel berikut ini agar pemakaian harian aman terkendali.

Beberapa Cara Menghemat Kuota Telkomsel yang Patut Dicoba

1. Jangan Hidupkan Fitur Auto-Sync

Gambar: Youtube.com
Cara menghemat kuota Telkomsel yang pertama bisa dilakukan dengan mematikan fitur auto-sync pada handphone. Fitur auto-sync dikembangkan oleh Google yang fokus pada aplikasi Gmail, Google+, atau kalender.

Fitur auto sync sebenarnya berfungsi untuk update email terbaru secara otomatis. Jadi, fitur ini mempermudah kita mendapatkan notifikasi secepatnya begitu ada email yang masuk. Kekurangannya, fitur ini membuat penggunaan kuota internet terlalu boros.

Smartphone yang selalu melakukan update setiap saat juga akan akan memakan kuota internet. Nah, sebaiknya matikan fitur auto-sync ini dan update email baru secara manual. Memang sih agar kuota hemat dan tetap awet diperlukan sedikit usaha.

2. Jangan Nyalakan Fitur Auto Backup


Metode ini hampir mirip dengan auto-sync dari Google. Para pemilik handphone android terbaru seperti Lenovo, Asus, Xiaomi, Oppo dan sebagainya pasti memiliki fitur auto-backup. Fitur ini akan selalu berjalan untuk melakukan backup data kayak foto, lagu, video ke penyimpanan online. 

Salah satu penyebab kuota bisa cepat habis ya karena fitur ini aktif mengunggah data video, lagu, dan gambar secara otomatis di saat ada file baru yang masuk di smartphone kita. Jadi, sebaiknya fasilitas ini dimatiin aja.

3. Non-Aktifkan Fitur Google Photo

Gambar: Techtimes.vn
Bukan fitur auto backup dan auto sinkronisasi aja, masih ada fasilitas Google lainnya seperti Google foto. Dalam fitur ini, mirip seperti auto-sync, aplikasi ini akan terus mengunggah gambar ke dalam Google Drive kita dengan kapasitas yang tidak diketahui karena resolusi foto Android.

Jadi, sebaiknya matiin fitur ini sebagai salah satu cara menghemat kuota Telkomsel agar tetap awet. Apabila ingin menyimpan foto dan data penting lain, mending pakai penyimpanan eksternal seperti, memindahkan data di komputer atau penyimpanan lain secara offline.

4. Non-aktifkan Fitur Auto Play di Facebook dan Instagram 

Hampir semua orang punya Facebook dan Instagram di handphone-nya. Facebook dan Instagram memberikan fitur video yang memang sangat menarik dan menghibur, tapi inget, sistem autoplay akan memakan banyak kuota Telkomsel.

Autoplay terjadi setiap kali kita scroll ke bawah, maka akan secara otomatis terputar seluruh video yang ada, padahal kadang kita enggak ingin melihat semua videonya.

Apalagi kalau di beranda ada banyak banget video yang termuat setiap hari di saat kita membukanya. Bisa diukur kira-kira berapa banyak kuota yang dihabiskan dengan sia-sia. Jadi, mematikan fitur autoplay akan menjadi pilihan yang tepat sebagai cara menghemat kuota Telkomsel agar tetap awet.

5. Menurunkan Kualitas Video di Aplikasi Youtube

Gambar: Youtube.com
Suka mager sambil lihat Youtube? Toss dulu. Sebaiknya turunkan kualitas atau resolusi dari video tersebut karena secara default Youtube akan memberi kualitas HD mengikuti kecepatan jaringan yang dimiliki pengguna.

Contohnya, jika jaringan yang dipakai berjenis 4G LTE, maka video HD yang akan secara otomatis diputar. Untuk memutar video HD inilah yang jelas banget memerlukan sangat banyak kuota. Sebaiknya, cobalah untuk turunkan resolusinya menjadi 320 atau 460 piksel paling tinggi, sehingga pengguna bisa berhemat. Ini menjadi cara menghemat kuota Telkomsel agar tetap awet paling efektif karena bisa hemat sampai 50%.

Nah, itulah penjelasan beberapa cara menghemat kuota Telkomsel agar tetap awet. Ingin tahu lebih banyak tentang hemat kuota internet atau tips-tips hemat kuota lainnya? Kunjungi website CekAja.com dan pantau informasi dari mereka!

Nia Janiar

Seorang penulis yang bekerja di agensi kreatif di Jakarta. Pernah bekerja sebagai jurnalis di salah satu media ternama di Indonesia. Percaya dengan tulisan sederhana namun bermakna. Tulisan dari hati akan sampai ke hati lagi. Di sela kesibukan menjalani passion menulis dan home maker, senang baca buku sastra Indonesia dan mengunjungi pameran seni. Senang berkenalan dengan pembaca.

4 Comments

Komentar di blog ini akan dimoderasi agar penulis dapat notifikasi komentar terbaru.

  1. wah mantap nih mbak, selama ini saya tidak memperhatikan hal-hal tersebut ternyata membantu mengurangi pemakaian kuota ya... Makasih banyak sharingnya

    ReplyDelete
  2. Wah, padahal autosync ini sering membantu saya menyimpan banyak data karena hp sering errornya.

    ReplyDelete
  3. Terimakasih Informasinya Sangat Berguna Kak

    ReplyDelete
Previous Post Next Post

Contact Form