Review Clodi Ecobum, Cluebebe, Babyland, dan Little Hippo. Mana yang Terbaik?

Saya mau menulis lagi tentang cloth diaper (clodi) karena saya bangga pakai clodi. Beberapa waktu lalu, saya baca berita kalau tiga juta sampah popok sekali pakai (pospak) mencemari sungai Brantas setiap harinya. Sungai jadi tercemar bakteri E-Coli karena tinja yang ada di dalam pospak. Bahan plastik pospak pun tidak bisa diurai dalam waktu 10-20 tahun. Aduh, kok kasian bumi kita.

Kali ini, saya mau review clodi untuk para ibu yang baru mau mulai berclodi. Siapa tahu tulisan ini jadi memudahkan untuk mengambil keputusan mau pakai merk yang mana. Hehe. Soalnya memilih clodi dari berbagai macam merk itu lumayan memusingkan!

Oh, ya, saya pernah menulis penjelasan tentang clodi untuk pemula dan bagaimana cara memilih clodi. Silakan klik di sini.

Sejauh ini saya punya empat merk clodi yaitu Ecobum, Little Hippo, Babyland, dan Cluebebe. Manakah yang lebih bagus? Yuk, lanjut bacanya ke bawah.

Ecobum
Harga clodi Ecobum memang lebih mahal dibandingkan Babyland, Little Hippo, dan Cluebebe. Tapi, saya paling suka clodi ini. Oh, ya, saya beli Ecobum seri Universal Cover karena bisa dipakai sampai anak mencapai berat 16 kg.

Harga di clodistore.com Rp 102.000




Kelebihan:
+ Lapisan luar dan dalamnya terbuat dari polyester. Saya bisa pakai ini 2-3 kali selama tidak terlalu basah oleh ompol dan tidak bau pesing. Lapisannya tinggal dilap saja.
+ Ukurannya juga lebih besar sehingga masih enak dipakai saat anak 7 kg pakai prefold
+ Clodinya lebihkokoh dan karet di pinggang dan paha tidak mudah melar.
+ Prefold Ecobum bagus sekali untuk bayi yang kencingnya mulai banyak. Saya biasa pakai di malam hari agar Elora tidak cepat merasa basah.
+ Ada leg gusset yang melindungi agar pup tidak meleber ke samping.
+ Kancing kuat.
+ Tidak pernah ada ruam dan tidak pernah bocor.

Kekurangan:
- Harganya yang cukup mahal.
- Terlihat bulky atau besar di pantat anak.

Cluebebe
Saya beli Cluebebe Pocket Classic atas saran teman saya. Berbeda dengan Ecobum yang pakai snap (kancing), Cluebebe memiliki velcro (perekat/prepetan). Hehe. Bagian luar clodi terbuat dari bahan polyester, bagian dalam clodi terbuat dari bahan fleece. Konon fleece ini berfungsi agar bayi merasakan sensasi kering walau popoknya basah. Clodi ini juga bisa dipakai hingga berat badan 16 kg. Harga di clodistore.com Rp72.250.

Harga di clodistore.com Rp72.250

Add caption

Kelebihan:
+ Cluebebe tidak memiliki prefold, melainkan memiliki insert. Insert-nya lebih tebal, ramping, dan panjang dibandingkan yang Babyland dan Little Hippo.
+ Karetnya, terutama di bagian paha, tampak kokoh dan tidak mudah melar.
+ Tidak membuat bulky
+ Kancing tidak mudah lepas.
+ Tidak pernah ruam dan tidak pernah bocor.

Kekurangan:
- Dibandingkan Ecobum, ukuran clodi ini sedikit lebih kecil.

Babyland
Clodi Babyland memiliki bahan polyester di luar dan bahan fleece di dalam. Kalau beli clodi ini, kita akan dapat dua insert sekaligus. Bisa dipakai sampai berat 15 kg.

Harga di clodistore.com Rp63.750






Kelebihan:
+ Terdapat kancing di dekat paha sehingga bisa diukur tingkat kerapatan di paha anak untuk mencegah bocor ke samping.
+ Karet di paha dan di pinggang sedikit terlihat kokoh dan tidak melar.
+ Tidak bulky

Kekurangan:
- Insert sedikit lebih tipis dibandingkan Little Hippo dan Clubebe.
- Kancing sedikit mudah lepas. Misalnya, saat saya memakaikan clodi dan saya tarik clodi ke atas, kancingnya suka copot.
- Tidak ada leg gusset

Little Hippo
Saya beli Little Hippo EasyFit. Walaupun katanya bisa sampai 16 kg, clodi ini terasa agak sempit buat anak saya yang berat badannya 7 kg dan masih pakai prefold.

Harga di clodistore.com Rp73.100


Ada inner leg gusset yang menurut saya tidak berperan banyak.

Kelebihan:
+ Insert lumayan tebal.
+ Kancing tidak mudah lepas.
+ Tidak bulky.

Kekurangan:
- Karet di paha dan pinggang lebih mudah melar.
- Bahan polyester di bagian luar cenderung tipis sehingga takut sobek kalau saya buka kancing kuat-kuat.

Perbandingan insert. Ki-ka: Insert Cluebebe, Little Hippo, dan Babyland.

Ada banyak review di internet kalau beberapa clodi menimbulkan ruam dan bocor. Kalau kata saya, asal digantinya maksimal 3 jam sekali, harusnya tidak menimbulkan ruam dan bocor.

Kesimpulannya sudah terlihat, ya. Saya paling suka Ecobum. Semua clodi di atas memiliki snap yang bisa diatur S-M-L sesuai dengan ukuran anak. Tapi, Ecobum memiliki ukuran yang lebih besar, sehingga awet lebih lama. Di saat clodi lain sudah sampai di kancing ke-3 (ukuran L), clodi Ecobum masih di kancing ke-1 (ukuran S)

Kalau ditanya pilih snap atau velcro, saya lebih suka velcro karena lebih cepat memakainya. Apalagi saat malam hari di saat kita ngantuk, yaa. Malas banget deh ngitung kancing. Heu. Tapi katanya sih lebih tahan lama snap.

Nah, kira-kira begitu. Memang masih banyak merk clodi lain di luar sana, termasuk clodi buatan luar negeri yang lebih bagus daripada Ecobum. Namun, selama tidak menimbulkan ruam, karet dan kancing bagus, dan kancing tidak bocor, menurut saya produk lokal sudah cukup.

Yuk, kita pakai clodi! Dengan pakai clodi, kita juga bantu menyelamatkan bumi. Beberapa ibu juga bisa mewariskan clodi ke anak selanjutnya, lho. Jadi, kita engga banyak membuang sampah. Deterjen untuk clodi juga biasanya digunakan hanya sedikit dan deterjen yang saya pakai, Ultraco, tidak berbusa. Kalau kata penelitian mahasiswa UI, deterjen yang banyak busa itu tidak ramah lingkungan karena menghambat perkembangan organisme di air. Jadi, mudah-mudahan, kita tidak banyak meninggalkan jejak limbah di planet yang kita tinggali ini.

Nia Janiar

Seorang penulis yang bekerja di agensi kreatif di Jakarta. Pernah bekerja sebagai jurnalis di salah satu media ternama di Indonesia. Percaya dengan tulisan sederhana namun bermakna. Tulisan dari hati akan sampai ke hati lagi. Di sela kesibukan menjalani passion menulis dan home maker, senang baca buku sastra Indonesia dan mengunjungi pameran seni. Senang berkenalan dengan pembaca.

17 Comments

Komentar di blog ini akan dimoderasi agar penulis dapat notifikasi komentar terbaru.

  1. mksh tipsnya mbak...aku juga lagi beli-beli peralatan untuk lairan baby nanti

    ReplyDelete
  2. Kecuali Ecobum semua sudah saya coba tapi karena saya suka kecapean jadi kalau malam dan jalan jalan masih pake pospak, tfs mba

    ReplyDelete
  3. Udah lama pengen ganti pospak ke clodi tapi bingung milih merk.. setelah baca review ini jadi ada sedikit pencerahan.. makasih mak.. :D

    ReplyDelete
  4. Mba Prana: Wah, semoga lancar yaa lahirannya..

    Mba Sandra: Haha, sama!

    Mba Afifah: Sama-sama, Maak! :D

    ReplyDelete
  5. Mbak Nia, tolong share dong manajemen nyuci clodi nya. Saya masih gagal ber-prefold-clodi ria. Huhuuu. Terima kasih..

    ReplyDelete
  6. Wah saya mah nyucinya biasa aja.. pakai deterjen clodi (Ultraco) hanya sejumput saja untuk satu ember. Udah gitu rajin di-stripping sebulan sekali, caranya direndem air panas dan pakai baking soda xD

    ReplyDelete
  7. Jd semua prefold dicuci sekali sehari sekaligus ya? Soalnya newborn kan pupnya sering banget & beleber ke prefoldnya, ga cuma di liner doang. Jd saya hampir selalu nyuci setelah ganti prefold, lelah deh diriku, hehe.

    ReplyDelete
  8. Haha.. iya sih lelah. Emang bleber sih, mba.. tapi paling kalo saya disemprot pake shower, taro di ember, terus baru dicuci semua besoknya. xD

    ReplyDelete
  9. Mbak, menurut pengalaman mbak kalau untuk newborn kira2 butuh berapa cover dan insert/prefold?

    ReplyDelete
  10. Saya ganti setiap 2-3 jam sekali. Jadi untuk seharian kira2 butuh 8-10 insert/prefold :)

    ReplyDelete
  11. Halo saya baru bgt soal perclodian. Mohon penjelasan apa itu prefold, liner ,dsb. Jadi kalo beli clodi mesti beli apa aja?

    ReplyDelete
  12. Kak brpa hrga untuk clodi yg pertama itu kak?

    ReplyDelete
  13. Mba maaf melenceng dari artikel, hehe, clodi ecobumnya mau di PL atau engga ya?

    ReplyDelete
  14. Aku juga belum tahu banget soal clodi tapi coba search di shopee clodi baby Land sama Little harganya Kok murah banget ya 20ribuan itu KW atau gimana ya Kak

    ReplyDelete
  15. Anonymous12:41 PM

    Halo mba, mau tanya..aku punya ecobum yang UC, emang bener sih bulky di pantat, tp itu aman ga sih? Buat postur tubuh anak nnt? Aku pake itu dr newborn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau liat anakku, kayaknya engga ngaruh apa-apa, mba. Anakku jalan seperti biasa, enggak egang, dan mulai bisa jalan mayan cepet (11 bulan)

      Delete
  16. Anonymous8:40 AM

    Masih bingung dengan istilah2, prefold liner dsb

    ReplyDelete
Previous Post Next Post

Contact Form