Cleansing Balm yang Nggak Bikin Kering

Setengah hidup saya mencari pembersih wajah yang bagus, murah, dan enggak bikin kulit kering. Maklum, kulit saya ini hampir selalu jerawatan. Menjelang menstruasi pasti ada, terlalu berkeringat saat traveling juga pasti muncul, atau kalau kebanyakan makan gula. Rasanya stres deh.

Mencoba segala produk pembersih wajah di supermarket yang mengklaim bisa usir jerawat enggak ada yang terbukti. Malah bikin kulit jadi kering. Baru deh berobat ke dokter, kulit wajah ini jadi mulus. Tapi masa harus semahal itu sih? :(

Pembersih wajah dari Shoppasoap

Cari produk natural supaya kulit lembab

Beberapa tahun lalu, saya ketemu dengan merek Shoppasoap. Jadi, produk ini buatan dalam negeri, handmade, dan bahan-bahannya semua natural. Testimonial orang-orangnya rata-rata positif. Bahkan suka ada foto before after dari jerawat parah sampai jauh lebih mending.

Saya sudah beberapa kali mencoba produknya yaitu sabun binahong dan acne scar serum serta acne oil yang cocok sampai sekarang. Nah, sebulan kemarin saya beli cleansing balm dan toner mawar dari Shoppasoap karena saya sudah bosan pakai susu pembersih dari Viva. Hihi, murah ya.


Ulasan cleansing balm

Ini pertama kali saya menggunakan pembersih tipe balsem, berupa berupa susu atau sabun. Saya ambil cleansing balm sedikit lalu usap ke kulit wajah. Sebenernya Shoppasoap merekomendasikan untuk membersihkan balsem itu dengan kapas.

Kalau saya lebih suka dibersihkan pakai handuk kecil karena serat kapas suka tertinggal di muka. Kapas juga enggak cukup kuat ambil komedo yang ada di sekitar hidung. Nah, saya suka membasahkan handuk sedikit agar terasa lembut di kulit. Kulit yang sudah dibersihkan juga enggak perlu dibasuh dengan air ya!

Cleansing balm ini juara banget membersihkan bekas makeup di wajah. Foundation dan lipstik yang ada di wajah juga jadi lumer pakai cleansing ini. Dulu saya pernah pakai makeup remover yang berupa minyak dari Pixy. Kayaknya lebih efektif pakai cleansing balm Shoppasoap deh!

Biasanya saya suka merasa kering atau perih di sekitar hidung setelah membersihkan muka. Setelah pakai pembersih wajah yang bagus ini, kulit sih terasa lembab dan kenyal ya. Namun apakah hasilnya beda secara signifikan dari susu pembersih Viva yang biasa saya pakai? Setelah sebulan pemakaian, belum ada hasil yang signifikan. Rasanya masih sama aja.


Apakah kita butuh toner? 

Dulu saya kira toner itu cairan buat bersihin muka setelah pakai susu pembersih. Ternyata toner bantu mengembalikan pH kulit agar siap menerima produk lain ya. Hehe. Shoppasoap juga menyarankan untuk menggunakan toner terlebih dahulu sebelum pakai serum, oil, atau pelembab. Toner bisa bantu produk-produk tersebut jadi mudah menyerap.

Saya beli toner mawar milik Shoppasoap. Rasanya wangi dan segar. Saya minta ke Shoppasoap untuk pakai tutup spray. Setelah bersihin muka, saya semprot toner itu ke wajah. Setelah menungu sebentar, baru deh saya oles acne oil di beberapa titik.

Kesimpulan

Menurut saya toner dan cleansing balm-nya enak dipakai, enggak bikin kering dan iritasi. Sayangnya hasilnya belum keliatan jadi lebih mulus juga. Jerawat juga dateng dan pergi terus hampir tiap hari.

Kayaknya saya enggak akan beli lagi kedua produk ini. Tapi saya akan coba produk lainnya seperti krim malam, pelembab, dan sabun binahong cair kalau lagi malas pakai cleansing balm. Katanya sih produk mereka enggak komedogenik. Jadi, mudah-mudahan aja cocok. Hehe.

Kalau kamu punya rekomendasi pembersih wajah yang bagus engga? Bagikan yaa.

Nia Janiar

Seorang penulis yang bekerja di agensi kreatif di Jakarta. Pernah bekerja sebagai jurnalis di salah satu media ternama di Indonesia. Percaya dengan tulisan sederhana namun bermakna. Tulisan dari hati akan sampai ke hati lagi. Di sela kesibukan menjalani passion menulis dan home maker, senang baca buku sastra Indonesia dan mengunjungi pameran seni. Senang berkenalan dengan pembaca.

Post a Comment

Komentar di blog ini akan dimoderasi agar penulis dapat notifikasi komentar terbaru.

Previous Post Next Post

Contact Form