Mengobati dan Mencegah Jerawat dengan Tea Tree Oil

Belakangan ini saya mulai ngulik skincare lagi karena saya pengen muka kayak ibu-ibu pejabat: kinclong dan licin. Hihi. Kalau enggak kinclong, setidaknya cerah dan bersih lah ya.

Setelah banyak baca di internet, saya jadi tahu ada banyak hal selain pembersih muka. Saya kenalan dengan berbagai macam-macam acid pada produk wajah, vitamin c, retinoid, chemical peeling dengan AHA+BHA, dan lainnya.

Memang saya enggak beli semua, hanya mencoba beberapa produk saja yang memiliki kandungan tersebut. Hasilnya memang kulit jadi lebih halus dan kenyal!

Tapii, jerawatnya masih ada aja nih! Saya sudah bosan sekali pakai Acne Oil dari Shoppasoap. Selain bosan, kayaknya udah mau kedaluwarsa juga. Jadi saya harus cari produk lain yang dapat mengobati dan mencegah jerawat.

Setelah banyak baca review orang di internet, tea tree oil disebut-sebut ampuh untuk mengurangi jerawat. Saya sudah lama mendengar kandungan ini, terutama di produk-produk Body Shop. Tetapi enggak pernah beli karena mahal!

mengobati dan mencegah jerawat
Tea tree merek lokal

Akhirnya saya beli tea tree oil di Purivera karena harganya terjangkau, sekitar Rp50 ribuan. Ya sudah akhirnya coba. Siapa tahu berhasil. Lagian sudah terdaftar di BPOM juga.

Secara kemasan, tea tree oil dari Purivera ini bagus dan aman banget. Bubble wrap-nya lapis dua, di dalam dan di luar kardus. Selain itu desain kemasannya juga lucu. Hehe.

Cara pakai tea tree oil
Nah, karena minyak ini sifatnya agak keras, jadi sebaiknya ditotol saja pada jerawat yang besar. Kalau jerawatnya kecil-kecil dan banyak, sebaiknya campur dengan minyak lain dan oles ke seluruh muka. Misalnya, kalau kamu punya rosehip oil, campur tea tree dan rosehip dengan perbandingan 1:3.

Jerawat saya beragam, ada yang besar dan kecil. Jadinya, setelah bersihin muka dan pakai toner, saya totol ke jerawat yang besar. Kalau sudah menyerap, baru saya lanjut serum, pelembab, dan tabir surya.

Nah, kalau jerawatnya lagi enggak ada, saya masih pakai tea tree oil sebagai pencegahan jerawat muncul. Setelah pakai toner, saya campur tea tree oil dengan moisturizer oil yang saya miliki.

Wangi tea tree ini cukup kuat, seperti minyak angin. Hehe. Tapi lama kelamaan akan hilang kok. Terus rasanya juga hangat saat ditotol ke wajah.

Lalu bagaimana hasilnya?
Sejujurnya kalau untuk jerawat besar, agak lama hilangnya. Misalnya foto di bawah, jerawat besar baru kempes setelah 11 hari. Tapii, untuk jerawat kecil, ini bisa 2 hari hilangnya. Bahkan jerawat yang mau tumbuh aja enggak jadi tumbuhnya.

Kiri, sebelum. Kanan, sesudah.

Selain bisa mencegah dan mengobati jerawat, tea tree oil berkhasiat untuk menghilangkan kutil, luka bakar matahari, bisul, herpes, ruam, gigitan serangga, lecet, iritasi dan luka kecil lainnya. Bahkan bisa mengatasi ketombe. Nah, karena saya enggak punya permasalahan-permasalahan tersebut, jadi saya enggak tahu manjur atau enggaknya.

Ini itungannya sudah mending, karena jerawat saya parah dan besar-besar.

Di sini ada pengguna tea tree oil? Bagikan pengalamanmu dong!

Nia Janiar

Seorang penulis yang bekerja di agensi kreatif di Jakarta. Pernah bekerja sebagai jurnalis di salah satu media ternama di Indonesia. Percaya dengan tulisan sederhana namun bermakna. Tulisan dari hati akan sampai ke hati lagi. Di sela kesibukan menjalani passion menulis dan home maker, senang baca buku sastra Indonesia dan mengunjungi pameran seni. Senang berkenalan dengan pembaca.

1 Comments

Komentar di blog ini akan dimoderasi agar penulis dapat notifikasi komentar terbaru.

Previous Post Next Post

Contact Form