Inilah Mengapa Saya Berolahraga Body Combat


Walaupun tubuh saya mungkin tidak terlihat ramping dan atletis, saya sebenarnya sangat suka olahraga. Waktu SMP, saya senang dengan gimnastik dan basket. Setelah mulai bekerja, saya sering lari di treadmill, berenang, atau melakukan high-intensity interval training (HIIT). Tapi, sepertinya kecintaan saya pada makanan lebih besar, jadi tetap lemu. Hehe.

Faktor lain yang bikin saya tetap gemuk mungkin karena saya susah banget buat konsisten. Biasanya saya rajin berolahraga selama beberapa bulan, lalu malas lagi berbulan-bulan. Rajin lagi, malas lagi. Jadi, olahraga belum jadi kebiasaan sehari-hari buat saya.

Jenis olahraga yang disuka

Tahun lalu, teman-teman di kantor ngajak saya olahraga bareng dengan modal video gratis di Youtube. Karena ada banyak teman, saya jadi semangat lagi buat olahraga.

Motivasi saya juga meningkat ketika melihat atasan saya olahraga setiap malam sepulang kerja, mulai jam 10 malam. Beliau suka olahraga dance. Wah, saya jadi termotivasi buat melakukan olahraga yang saya suka. Akhirnya, saya selalu menyempatkan diri buat olahraga tiap malam sepulang kerja. Meskipun kadang capek banget karena sudah berdiri lama di kereta. Huhu.

Karena suka bosan kalau olahraga HIIT terus-terusan, saya mulai eksplor olahraga lain seperti jalan kaki, lompat tali, menari, dan body combat. Ternyata, saya suka banget body combat, karena whole-body workout, ada cardionya, sekaligus bisa melampiaskan emosi dengan memukul-mukul udara. Hehe. Kalau mau coba, cek Les Mills Body Combat di Youtube. Olahraganya sangat bikin gobyos oleh keringat tapi puas gitu.

Benefit jangka panjang

Selain melakukan olahraga yang saya suka, saya juga mencari motivasi yang lebih dalam supaya nggak cepat bosan. Setelah mendengar penjelasan dari Ade Rai dan dokter Boyke, saya nggak lagi menjadikan "turun berat badan" sebagai prioritas utama. Mereka menjelaskan bahwa olahraga membuat otot kuat, yang pada gilirannya memperkuat tulang kita, sehingga kita bisa bergerak bebas saat tua nanti. Wah, saya ingin banget mendapatkan manfaat ini. Apalagi, saya lihat sendiri dampak buruk jarang olahraga pada ibu saya.

Intinya, saya nggak mau merepotkan anak saya di kemudian hari. Saya juga pengen ia punya kebiasaan olahraga dengan melihat saya olahraga di rumah.

Begitu juga dengan makanan. Walaupun saya nggak diet ketat, saya berusaha membatasi konsumsi gula (terutama dalam kopi susu), makan malam, dan makanan bersantan. Saya nggak mau punya penyakit degeneratif yang nantinya bakal merepotkan anak saya.

PR saya sekarang adalah konsisten. Semoga dengan body combat, saya bisa terus semangat berolahraga!

Nia Janiar

Seorang penulis yang bekerja di agensi kreatif di Jakarta. Pernah bekerja sebagai jurnalis di salah satu media ternama di Indonesia. Percaya dengan tulisan sederhana namun bermakna. Tulisan dari hati akan sampai ke hati lagi. Di sela kesibukan menjalani passion menulis dan home maker, senang baca buku sastra Indonesia dan mengunjungi pameran seni. Senang berkenalan dengan pembaca.

4 Comments

Komentar di blog ini akan dimoderasi agar penulis dapat notifikasi komentar terbaru.

  1. Tooosss mbaaa. Aku kdg bersyukur loh dengan adanya pandemi kemarin. Mungkin kalo ga ada, sampe skr aku msh males olahraga. Sejak pandemi aku jadi rutin workout. Awalnya memang cardio. Tapi lama2 aku mulai suka workout beban. Tujuannya memang menambah massa otot supaya pas tua nanti aku ttp kuat utk jalan dan traveljng.

    Apalagi aku dan suami kan rutin traveling yang tiap tahun.

    Impian kami ttp bisa jalan jauh keliling dunia walo udh tua 😄

    ReplyDelete
  2. Wahh mantap mba bisa traveling di usia tua nanti! Thanks udah sharing ceritanya ya, mba :)

    ReplyDelete
  3. yaampun aku tuh pengen yang konsisten kayak gini. Dulu rajin lari seminggu sekali dengan ikut komunitas lari, tapi sejak engkel kaki pernah retak, jadi aku mengurangi lari, mungkin kalau jalan cepat masih oke.

    trus dari dulu aku penasaran sama muaythai, olahraga tinju ala-ala, belum sempet nyari nih club di kotaku. Terus terakhir kemarin kepikiran mau ikutan program yang sama personal trainernya dengan jadwal suka-suka, kadang aku agak susah buat ngatur waktu dengan kantor

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya yaa kalo udah ngantor itu kadang pulang kerja udah capek. Hehee. Atau malah ada lembur.

      Delete
Previous Post Next Post

Contact Form