Pengalaman Cabut Akar Gigi Gratis di Puskesmas

Sejak jadi pemegang BPJS, jujur aja saya cuma pernah pakai untuk rawat jalan. Alhamdulillah sih, nggak pernah sampai harus dipakai buat yang berat-berat. Pernah sih sekali rawat inap, itu juga waktu melahirkan, tapi waktu itu saya lebih milih pakai asuransi kantor—lebih nyaman aja rasanya karena tidak perlu diperiksa bidan di puskesmas segala.

Suasana ruang tunggu poli gigi di puskesmas.

Nah, dari sekian layanan BPJS, ada dua yang belum pernah saya coba: layanan kesehatan gigi dan kacamata. Kalau soal kacamata, ah, repot. Selain harus ribet cari rujukan ke dokter mata dulu, plafon kacamatanya kecil banget! Kebayang dong, pilihannya jadi terbatas banget, dan model framenya ya gitu deh ... jadul.

Sementara kalau ke dokter gigi di puskesmas, kendalanya lebih ke waktu. Jadwal dokter di sana tuh di jam kerja, sedangkan saya harus ngantor. Tapi minggu lalu, kebetulan saya lagi cuti dan nggak ada rencana ke mana-mana. Ada akar gigi yang udah lama mengganggu dan ini jadi momen yang tepat buat nyobain cabut di puskesmas. Bismillah, mari kita coba!

Proses cabut akar gigi

Awalnya, saya coba nge-DM puskesmas dekat rumah di Instagram. Tanya-tanya dulu, bisa nggak cabut akar gigi di sana. Begitu mereka jawab “bisa,” saya langsung cus ke sana.

Sesampainya di puskesmas, ternyata antreannya cuma satu orang! Bahagia nggak sih kalau antrian singkat gitu? Jadi nggak perlu menunggu lama-lama. Setelah dipanggil masuk ke ruangan dokter, saya langsung duduk manis. Saya jelaskan keluhan saya soal akar gigi yang ingin dicabut.

Dokternya langsung siap-siap, suntik bius dulu ke gusi. Sedikit nyeri pas disuntik, tapi masih dalam taraf aman kok. Setelah itu, kumur-kumur bentar, dan voila, proses pencabutan pun dimulai.

Ternyata nggak gampang ya cabut akar gigi, rada susah juga. Saya sempet khawatir gigi lainnya jadi ikut kecabut juga, hehe.

Saya juga udah ngebayain kalau bakal ada banyak darah yang keluar. Tapi anehnya, saat cabut akar gigi, saya nggak merasakan darah yang ngalir ke tenggorokan (beda banget sama waktu saya operasi mucocelle dulu).

Setelah akar sukses dicabut, dokter kasih saya perban kecil untuk digigit selama 5 menit. Oh ya, ada tips juga nih dari dokternya: jangan langsung makan atau minum yang panas-panas. Mendingan yang dingin dulu biar darahnya cepat berhenti.

Selesai deh! Saya juga dapat obat pereda sakit dari dokter. Gigi saya sekarang bener-bener ompong di bagian yang dicabut itu. Saat makan, rasanya kayak ada geli-geli gitu di gusi. Kalau nyentuh makanan yang keras, aduh, sedikit ngilu juga. Kepikiran sih buat pasang gigi palsu—kalau punya gigi ompong itu, rasanya kayak ada yang kurang, haha.

Tapi alhamdulillah, setelah cabut akar gigi ini nggak ada drama bengkak atau nyeri berkelanjutan. Buat kamu yang mau coba cabut akar gigi di puskesmas, ternyata nggak semenyeramkan itu kok!

Rencananya saya mau balik lagi ke sana bareng sama anak buat bersihin karang gigi dan perawatan rutin. Nanti saya bagikan lagi pengalamannya, ya!

Nia Janiar

Seorang penulis yang bekerja di agensi kreatif di Jakarta. Pernah bekerja sebagai jurnalis di salah satu media ternama di Indonesia. Percaya dengan tulisan sederhana namun bermakna. Tulisan dari hati akan sampai ke hati lagi. Di sela kesibukan menjalani passion menulis dan home maker, senang baca buku sastra Indonesia dan mengunjungi pameran seni. Senang berkenalan dengan pembaca.

6 Comments

Komentar di blog ini akan dimoderasi agar penulis dapat notifikasi komentar terbaru.

  1. Replies
    1. iya, mba.. mungkin bisa dicoba sesekali buat perawatan seperti bersihin karang gigi :)

      Delete
  2. Suami ku yg pernah coba fasilitas gigi BPJS ini mba. Dia juga bilang biasanya ga rame. Kayaknya lbh rame utk pengobatan yg lain kali yaa.

    Waktu itu suami cuma tambal doang sih. Dan cepet juga prosesnya. Aku sendiri msh pake fasilitas asuransj kantor kalo utk gigi. Tp bolehlah sesekali nanti coba juga. Toh biar tahu proses nya kan, udah rutin bayar juga tiap bulan 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, buat pengalaman aja, hehee..

      Delete
  3. Wah, aku blm nyoba ke ouskesmas. Dan aku trauma banget sama drg. Sejak kecil langganan drg sampai punya anak satu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mba, kalau udah cocok mending ke dokter langganan aja :D

      Delete
Previous Post Next Post

Contact Form